Ayam Cincane Olahan Ayam Kampung Khas Samarinda

Ayam Cincane Olahan Ayam Kampung Khas Samarinda

Ayam Cincane Olahan Ayam Kampung Khas Samarinda--ig.com/wiena26

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Ayam cincane adalah salah satu kuliner dari Samarinda, Kalimantan Timur, yang menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya.

Hidangan ini memadukan potongan ayam kampung dengan bumbu cincane yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan terasi, menciptakan cita rasa yang khas dan menggugah selera.

Dengan bumbu yang gurih dan pedas, ayam cincane menawarkan perpaduan rasa yang sempurna dengan tekstur ayam kampung yang lembut.

Aroma yang dihasilkan dari bumbu cincane semakin menambah daya tarik hidangan ini. Nama ayam cincane sendiri diambil dari nama seorang juru masak yang berbakat di kerajaan Kutai Negara.

BACA JUGA:Dijual Rp49 Juta, Mobil Tangguh Ini Pernah Mengawal Presiden RI

Kepiawaian sang juru masak ini memikat hati sang Raja Kutai Kartanegara, sang Raja sangat menyukai masakan ini hingga masakan ini menjadi salah satu hidangan favorit di kerajaan tersebut.

Hingga kini, ayam cincane tetap menjadi salah satu kuliner khas Samarinda yang banyak digemari. Resep dan Cara Membuat Ayam Cincane

Berikut adalah resep dan cara membuat ayam cincane yang dapat Anda coba di rumah:

Bahan-bahan: 1 ekor ayam kampung, potong menjadi 4 bagian, 2 lembar daun salam, 3 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan, 3 cm jahe, memarkan, 3 cm lengkuas, memarkan,2 sdm gula merah, iris tipis, 1 sdt garam, 500 ml santan, 3 sdm minyak untuk menumis.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Honda Win 100, Sejarah dan Spesifikasi yang Patut Diketahui Sebelum Mengoleksi

Bumbu Halus: 8 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 12 buah cabai merah, 1 sdt terasi, 1 sdt garam.

Cara Membuat : Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam dan serai, kemudian masak hingga bumbu matang.

Masukkan potongan ayam, aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan jahe, lengkuas, gula merah, dan garam, aduk hingga merata.

Tuangkan santan, aduk perlahan dan masak hingga santan habis atau mengering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber