Rahasia Mengatasi Susah Tidur, Ikuti 7 Cara Ampuh Ini Dijamin Nyenyak Setiap Malam

Rahasia Mengatasi Susah Tidur, Ikuti 7 Cara Ampuh Ini Dijamin Nyenyak Setiap Malam

Rahasia mengatasi susah tidur, ikuti 7 cara ampuh ini dijamin nyenyak setiap malam.--freepik.com/@jcomp

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menurut Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) 2021, 6,1 persen orang dewasa di Indonesia mengalami insomnia. Angka insomnia ini lebih tinggi pada wanita (7,4 persen) dibandingkan pria (4,8 persen).

Prevalensi insomnia terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada kelompok usia 15-54 tahun, prevalensi insomnia adalah 5,3 persen. Sedangkan pada kelompok usia 55 tahun ke atas, prevalensinya mencapai 10,3 persen.

Tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia. Susah tidur atau biasa dikenal dengan istilah insomnia menjadi penyebab kurang tidur dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang dapat timbul seperti kelelahan, daya konsentrasi menurun, depresi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Kemudian hal tersebut akan berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan dalam berbagai aspek.

BACA JUGA:Strategi Efektif Menjaga Berat Badan Ideal dan Mencegah Obesitas

Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, kecemasan, depresi, gaya hidup yang tidak sehat, dan kondisi medis tertentu.

Akan tetapi, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur. Berikut ini 7 cara ampuh mengatasi masalah susah tidur yang patut dicoba.

1. Buatlah jadwal tidur dan bangun yang teratur dan konsisten

Patuhi jadwal tidur yang telah dibuat itu setiap hari, bahkan di akhir pekan. Hal ini akan membantu tubuh terbiasa dengan ritme sirkadian alami.

BACA JUGA:Cara Mengurangi Risiko Gangguan Penglihatan akibat Paparan Layar


Bantu tubuh terbiasa dengan ritme sirkadian alami dengan menerapkan jadwal tidur dan bangun yang teratur dan konsisten.--freepik.com/@jcomp

2. Buatlah suasana kamar tidur yang nyaman dan kondusif untuk tidur

Pastikan kamar tidur dalam kondisi tenang dan sejuk. Tidur dalam kondisi kamar gelap dapat meningkatkan kualitas tidur.

3. Hindari kafein dan alkohol sebelum tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber