Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, Berikut Amalan-amalan Sunnah yang Dianjurkan

Sambut Tahun Baru Islam 1446 H, Berikut Amalan-amalan Sunnah yang Dianjurkan

amalan menyambut tahun baru islam,--Foto : Freepik.com/@pikisuperstar

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam penanggalan tahun Hijriah, bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir. Saat ini, bulan Dzulhijjah 1445 H telah memasuki hari-hari terakhir.

Itu berarti, tahun baru Islam 1446 H sebentar lagi akan tiba. Sebagai seorang muslim, hendaknya memperbanyak amalan-amalan pada akhir tahun dan awal tahun baru Hijriah. Lantas, amalan apa saja yang bisa dikerjakan?

Sebagai seorang muslim, sejatinya dalam menyambut tahun baru Islam, harusnya tidak kalah meriah dengan tahun baru Masehi. Umat Islam bisa merayakan pergantian tahun ini dengan berbagai acara, seperti berzikir, shalawatan, pawai obor, dan lain sebagainya.

Mengutip dari laman kemenag.go.id, merujuk pada kalender Hijriah yang dikeluarkan Kementerian Agama Republik Indonesia, tahun baru Islam 1446 H jatuh pada Minggu, 1 Muharram 1446 H atau 7 Juli 2024. Dan pada 6 Juli 2024 petang sebenarnya sudah masuk awal tahun baru hijriah.

 BACA JUGA:Keistimewaan Bulan Muharram dalam Pandangan Islam: Peristiwa Penting dan Makna Spiritual

Dalam menyambut tahun baru Islam dalam kalender Hijriah, umat muslim dianjurkan untuk memaknai hal ini sebagai introspeksi diri untuk semakin meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Mengingat bulan Muharram memiliki banyak keutamaan karena termasuk bulan yang dimuliakan. Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 36, yang artinya:

 “Bahwasanya hitungan bulan pada sisi Allah terdiri atas dua belas bulan, dalam ketentuan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketentuan) agama yang lurus. Janganlah engkau menganiaya dirimu pada bulan yang empat itu. Perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (Surat At-Taubah ayat 36).

Dikutip dari laman NU Online, berikut beberapa amalan sunah yang bisa dikerjakan oleh umat muslim saat memasuki tahun baru hijriah atau memasuki bulan Muharram.

 BACA JUGA:8 Berkah Bulan Muharram yang Bisa Memperbaiki Diri Anda

 

Merenung dan Bermuhasabah Diri

Amalan pertama dalam menyambut bulan Muharram atau tahun baru hijriah yang penting adalah bermuhasabah diri. Hendaknya seorang muslim memanfaatkan momen pergantian tahun hijriah ini dengan merenungkan perjalanan hidup, memperbaiki diri, dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber