Hati-Hati Kenapa Mata Kita Bisa Kering? Waspadai Penyebabnya!

 Hati-Hati Kenapa Mata Kita Bisa Kering? Waspadai Penyebabnya!

Hati-Hati Kenapa Mata Kita Bisa Kering? Waspadai Penyebabnya!--pexels

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mata kering merupakan suatu kondisi ketika mata tidak memiliki cukup air mata untuk melumasi permukaannya dengan baik. Kondisi ini dikenal sebagai keratoconjunctivitis sicca. 

Penderita mata kering sering mengeluhkan rasa tidak nyaman di sekitar mata, seperti gatal, nyeri, atau bahkan penglihatan kabur. Berikut ini penjelasan lebih lanjut.

Apa Itu Mata Kering?

Sindrom mata kering kondisi di mana air mata tidak bisa melumasi mata dengan baik dan efektif. Air mata terdiri dari air, garam, lemak, protein, dan mucin, yang berfungsi melumasi dan menjaga permukaan mata tetap halus. 

Selain itu, air mata juga sangat berfungsi untuk melindungi mata dari tajamnya benda asing yang tak terlihat langsung seperti kuman, debu, dan juga kotoran. Normalnya, air mata akan melumasi permukaan mata setiap kali kita berkedip. Namun, pada sindrom mata kering, produksi atau komposisi air mata terganggu sehingga tidak bisa melumasi mata dengan baik.

BACA JUGA:13 Unit Kendaraan Roda Dua Terjaring Razia Satlantas Polrestabes Palembang

Penyebab Mata Kering

Penyebab mata kering dibagi menjadi dua kategori: penurunan produksi air mata dan peningkatan penguapan air mata.

1. Penurunan Produksi Air Mata Penurunan produksi air mata sering disebabkan oleh:

1. Penuaan

2. Penyakit sistemik seperti lupus, diabetes, sindrom Sjogren, scleroderma, gangguan hormon tiroid, dan rheumatoid arthritis

3. Kekurangan vitamin A

4. Efek samping obat tertentu seperti dekongestan, antihistamin, obat hipertensi, obat jerawat (tretinoin), obat penyakit Parkinson, atau antidepresan

5. Efek samping prosedur medis seperti terapi pengganti hormon, radioterapi, atau operasi laser mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: