Musim Kemarau Tiba, Sumatera Selatan Mulai Siaga Darurat Bencana Asap Karhutla

Musim Kemarau Tiba, Sumatera Selatan Mulai Siaga Darurat Bencana Asap Karhutla

Musim kemarau tiba, Sumatera Selatan mulai siaga darurat bencana asap karhutla, Minggu (23/6/2024).--Dokumentasi Manggala Agni Daops Sum-XIV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali mengancam Sumatera Selatan di musim kemarau tahun 2024 ini.

Untuk mengantisipasi agar karhutla tidak meluas dan tidak menimbulkan bencana kabut asap, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni sebelum mengakhiri masa jabatannya, telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: 393/KPTS/BPBD-SS/2024 tentang penetapan siaga darurat bencana asap akibat karhutla.

Dalam surat keputusan yang ditandatangani oleh Pj Gubernur Sumsel pada tanggal 13 Juni 2024, menetapkan siaga darurat bencana asap akibat karhutla di Sumatera Selatan.

Dengan penetapan tersebut, maka akan dibentuk Pos Komando (Posko) dengan melibatkan perangkat daerah serta instasi terkait lainnya, guna melakukan antisipasi bencana asap akibat karhutla.

BACA JUGA:PALTV Sukses Gelar Acara 'Gerebek Pasar Decolgen Ngeradak Kampung' di Jalan Nilakandi


Petugas Manggala Agni Daops Sum-XIV melakukan pemadaman api di lokasi lahan terbakar di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Minggu (23/6/2024).--Dokumentasi Manggala Agni Daops Sum-XIV

Selain itu juga, dengan penetapan siaga darurat bencana asap akibat karhutla ini, maka untuk pembiayaan penanganannya akan menggunakan dana APBN dan juga APBD 2024.

Untuk kesiagaan bencana asap akibat karhutla ini akan berlangsung sampai akhir November 2024 mendatang.

Keluarnya surat penetapan siaga darurat bencana asap akibat karhutla ini, merujuk dari sejumlah sumber, di antaranya dari BMKG Kelas 1 Sumatera Selatan yang telah menyampaikan siaran pers terkait musim kemarau di Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, dari pantauan di beberapa wilayah di Sumatera Selatan, sejumlah titik api mulai bermunculan, di antaranya di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI).

BACA JUGA:Warga Sungai Menang OKI Tangkap Buaya Liar Sepanjang 4 Meter, Nyasar ke Tambak Ikan Warga


Pemadaman lahan terbakar di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir berlangsung hingga malam agar api tidak merambat luas, Minggu (23/6/2024).--Dokumentasi Manggala Agni Daops Sum-XIV

Walaupun masih belum terlalu besar lahan yang terbakar, namun petugas berusaha memadamkan api agar tidak lebih meluas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: