Tradisi Unik Menculik Istri Orang Oleh Suku Wodaabe di Nigeria Afrika

Tradisi Unik Menculik Istri Orang Oleh Suku Wodaabe di Nigeria Afrika

Suku Wodaabe Nigeria Afrika memiliki tradisi unik. Yakni festival menculik istri orang.-- Twitter.com/@lhayesno

PALEMBANG, PALTV.CO.IDSuku Wodaabe merupakan Suku Fulani dari negara Nigeria, Afrika Barat. Para lelaki di Suku Wodaabe ini dianggap begitu angkuh, sebab mereka mempercayai jika para lelaki yang paling rupawan. Maka dari itu mereka selalu bangga dengan membawa cermin yang menunjukan bahwa wajah mereka memang tampan. Bahkan, dengan keyakinan itu, ada satu festival yang memperbolehkan pria fulani berburu istri orang.

Sementara itu, di suku tersebut, pernikahan selalu dikontrak saat masa bayi serta para Wanita bisa memiliki pasangan seksual sesuai dengan berapa yang mereka inginkan saat sebelum menikah. 

Suku ini akan mengadakan festival pada setiap tahunnya, festival ini disebut dengan festival Gerewol, yang mana para lelaki akan berpakaian rumit dan bermake up seperti kontes kecantikan. Para pria ini berdandan dengan tujuan menarik hati istri-istri orang. Atau dikenal dengan Festival pencurian istri.

Dilansir dari Jurnal Soreang, pada saat jalannya festival para lelaki akan berpakaian menarik untuk menarik perhatian istri dari lelaki lainnya. 

BACA JUGA:Mulai Sekarang Kurangi Menggunakan Gadget, Istirahatkan Mata Anda

BACA JUGA:Hasilnya Bikin Ketagihan, Suami Disuruh Makan Nanas Secara Rutin, Mama-mama Harus Tahu!

Menurut budaya setempat, dipercaya jika kecantikan dinilai melalui dari mata yang putih, batang hidung yang lurus serta gigi yang nampak putih. Maka dari itu, riasan dibuat untuk menonjolkan bagian-bagian tersebut. 

Namun, sebelum dimualinya festival, para lelaki akan membutuhkan waktu selama enam jam untuk melakukan persiapan dan bersiap-siap agar dapat menampilkan tarian dan memamerkan diri. 

Mereka mengecat wajah mereka dengan tanah liat merah, menggunakan eyeliner untuk memutihkan mata. Kemudian mereka memakai warna lipstik yang membuat gigi mereka lebih putih. 

Suku ini juga memakai bulu burung unta putih di rambut mereka, yang membuat mereka terlihat lebih tinggi. Selama festival, tiga wanita tercantik dari suku tersebut dipilih untuk dihormati, sedangkan para pria diwakili melalui tarian yang bergerak berputar-putar.

BACA JUGA:Catat! Fungsi dan Kegunaannya. Aplikasi Dari Google Ini Dapat Membantu Pekerjaan Anda

BACA JUGA:Istilah Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Kamu Penyuka Budaya Jepang

Wanita lain yang sudah menikah dengan pria lain mengagumi pria yang paling ingin mereka pilih sebagai suami kedua. 

Jika seorang laki-laki berhasil mencuri seorang perempuan tanpa ketahuan, otomatis dia menjadi suami dan perkawinan itu disetujui. Suku ini berpoligami, sehingga mencuri istri diterima secara luas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber