Hemat BBM Hingga 15 Persen! Pelajari Cara Tepat Menggunakan Cruise Control

Hemat BBM Hingga 15 Persen! Pelajari Cara Tepat Menggunakan Cruise Control

Hemat BBM Hingga 15%! Pelajari Cara Tepat Menggunakan Cruise Control--Foto: Instagram@produksi pv

Namun, hindari penggunaan fitur ini saat Anda sedang berkendara melalui lahan pegunungan. Selain membuat mobil Anda lebih hemat bahan bakar, fitur ini juga mengurangi kelelahan Anda saat berkendara jarak jauh.

Berapa Banyak Bahan Bakar yang Dapat Anda Hemat dengan Menggunakan Cruise Control?

Idealnya, cruise control dapat membantu mobil Anda menghemat bahan bakar rata-rata sekitar 7%-14%. Namun penghematan bahan bakar akan menurun jika akselerasi dan perlambatan terus-menerus diubah saat Anda menginjak pedal.

Mobil menggunakan energi paling banyak saat berakselerasi, dan kecepatan yang bervariasi dapat menurunkan efisiensi bahan bakar sekitar 10-40% di lalu lintas normal dan 15%-30% di jalan raya.

Apakah Cruise Control Menghemat Bahan Bakar di Perbukitan?

Cruise control membuat mobil Anda irit bahan bakar hanya jika Anda mengaktifkannya di kondisi jalan datar yang tidak mengalami kemacetan atau saat berkendara menanjak atau menurun. Jadi, ketika Anda berkendara di medan perbukitan yang berubah terus menerus atau memiliki tanjakan yang kuat, sebaiknya Anda tidak menggunakan fitur ini.

Apakah Cruise Control Menghemat Bahan Bakar Saat Menarik?

Ya, cruise control memang menghemat bahan bakar saat menarik, terutama jika Anda berkendara jarak jauh. Menggunakan fitur ini membantu Anda mempertahankan kecepatan konstan, menghemat sekitar 7%-20% bahan bakar jika dibandingkan dengan gaya mengemudi normal, yaitu terus-menerus mempercepat dan memperlambat kaki Anda saat menginjak pedal.

Namun, penggunaan fitur ini tidak efektif jika Anda mengemudi dalam situasi seperti cuaca buruk, medan berbukit, atau jalan yang sangat padat.

BACA JUGA:Gempar! Warga Baturaja Temukan Mayat Tanpa Identitas Penuh Belatung di Pinggir Jalan Lingkar Batukuning

Apakah Cruise Control Meningkatkan Konsumsi?

Menggunakannya tidak akan bermanfaat saat lalu lintas padat. Fitur tersebut menjadi tidak efektif akibat akselerasi dan deselerasi yang terus menerus akibat perubahan lalu lintas, yang akhirnya mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih banyak.

Haruskah Anda Menggunakan Cruise Control Saat Cuaca Berangin?

Tidak, jangan pernah menggunakan cruise control saat Anda mengemudi dalam cuaca berangin dan basah. Mengemudi demikian dapat memengaruhi kendaraan dan kontrol traksi Anda. Cara terbaik untuk mengaktifkan fitur ini di jalan yang panjang dan lurus.

Apakah Baik Menggunakan Cruise Control Sepanjang Waktu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber