Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Pj Bupati Banyuasin Pimpin Gerakan Aksi Bersih Sungai di Desa Gasing

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Pj Bupati Banyuasin Pimpin Gerakan Aksi Bersih Sungai di Desa Gasing

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam pimpin Gerakan Aksi Bersih Sungai di Desa Gasing dan Lomba Memungut Sampah, Kamis (13/6/2024).-Suryadi-PALTV

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2024, Penjabat Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam memimpin Gerakan Aksi Bersih Sungai di Desa Gasing Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan pada hari Kamis, 13 Juni 2024.

Selain membersihkan Sungai Gasing, kegiatan juga dimeriahkan dengan Lomba Pungut Sampah yang diikuti oleh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengucapkan terima kasih kepada PT Wings, PT Sriwijaya Distribusindo, PT Alam Permasi Lestari, dan PT Hokkan Deltapack yang telah menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan mendukung langsung kegiatan ini.

Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam menekankan kesadaran betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya, menjaga kelestarian sungai dan lingkungan, bukan hanya tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin saja, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Iduladha 1445 H, Warga Serbu Pasar Murah di Halaman Dinas KPTPH OKI


Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam memimpin jajarannya membersihkan sampah di jalanan Desa Gasing, Kamis (13/6/2024).-Suryadi-PALTV

"Saya harap dibuat agenda berkala dan buat program Kali Bersih untuk menjadi program rutin. Kerja membersihkan dan menjaga lingkungan ini tidak cukup Pemerintah saja tapi peran serta semua. Program Kali Bersih ini sangat penting dengan melibatkan semua pihak dari berbagai kalangan, Camat dan Kades," ungkap Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam.

Lebih lanjut, Hani Syopiar Rustam menyampaikan bahwa pemenang Lomba Pungut Sampah akan dijadikan Duta Kebersihan Lingkungan.

Duta Kebersihan Lingkungan tersebut, lanjut Hani Syopiar Rustam, akan dilibatkan langsung dalam agenda kebersihan lingkungan di sekitar rumah mereka.

Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam juga mengajak perusahaan untuk memperhatikan dampak limbah sampah terhadap lingkungan.

BACA JUGA:Si Jago Merah Kembali Beraksi di Kertapati, Rumah Panggung Kayu dan Sepeda Motor Hangus Terbakar!

“Harapan saya, perusahaan dan pemerintah menjaga lingkungan sehat bersama dengan masyarakat, sehingga terwujud kepedulian akan lingkungan bersih, terhindar dari bencana banjir,” pungkas Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuasin Zazili Mustopa melaporkan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh DLH bersama perusahaan, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian sungai dan kualitas air Gasing dari sampah plastik,” terang Zazili Mustopa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv