Hermanto Tanoko Company IPO, Crazy Rich Surabaya Business

Hermanto Tanoko Company IPO, Crazy Rich Surabaya Business

Hermanto Tanoko Company IPO, Crazy Rich Surabaya Business--Foto: Instagram@htanoko

PT Avia Avian Tbk bergerak di bidang industri dan perdagangan can dan tinta cetak, pernis, lak, perekat/lem, mortar atau beton siap pakai. AVIA tercatat di bursa efek pada 8 Desember 2018 dengan harga penawaran Rp930 per saham.

BACA JUGA:Aturan Upah Bagi Karyawan yang Mengambil Cuti Melahirkan

AVIA menawarkan 11,77 miliar saham, dan berhasil menghimpun Rp583 miliar dari perdagangan 650,6 juta saham. Hermanto Tanoko tercatat selaku komisaris utama di perusahaan ini, sementara Tancorp menguasai 36,6% saham AVIA. 


Hermanto Tanoko Company IPO, Crazy Rich Surabaya Business--foto: Instagram@htanoko

7. CLEO

PT Sariguna Primatirta Tbk bergerak di bidang air minum dalam kemasan. Sesuai dengan kode emitennya, merek produk air minum yang diproduksi adalah CLEO. Emiten ini tercatat di bursa pada 5 Mei 2017 dengan harga penawaran Rp115 per saham. 

CLEO melepas 450 juta saham dan berhasil menghimpun Rp51,75 miliar pada penawaran perdananya. Hermanto Tanoko juga menjadi komisaris utama di emiten ini, sedangkan Tancorp menguasai saham CLEO lewat Tancorp Globa Abadi sebesar 55,79% dan Tancorp Global Sentosa sebesar 21,09%.

BACA JUGA:NPL Bidang Properti Capai 2,72 Persen Per April 2024 : Ada Kenaikan!

Nama Wijono & Hermanto Tanoko yang merupakan crazy rich asal Surabaya mulai ramai diperbincangkan setelah membawa dua perusahaannya untuk mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun lalu.

Kedua perusahaan tersebut adalah Caturkarda Depo (DEPO) yang berhasil mengumpulkan Rp 493,57 miliar dana IPO setelah melepas 15,08% saham baru dan Avia Avian (AVIA) yang mampu mengumpulkan Rp 5,76 triliun setelah melepas 10,01% saham baru.

Kedua perusahaan yang dimiliki oleh Hermanto Tanoko tersebut merupakan bagian dari Tancorp Abadi Nusantara, di mana ia juga menjabat sebagai Group CEO.

BACA JUGA:Penurunan Penjualan Mobil Mei Sebesar 13,3%, Gaikindo Tetap Pegang Target 1,1 Juta Unit

Menurut situs resmi perusahaan, Tancorp Abadi Nusantara sendiri membawahi 8 subholding perusahaan mulai dari, industri, distribusi, properti, perhotelan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bisnis jaringan, serta kafe & restoran.

Grup bisnis tersebut menyebut bahwa mereka memiliki lebih dari 300 brand aktif yang dikelola oleh 38 business unit (BU) dengan jumlah karyawan yang mencapai lebih dari 11.000 tenaga kerja.

Tancorp Group sejatinya baru resmi berdiri menjadi holding pada tahun 2015, perjalanan awal perusahaan dimulai dari pengembangan Avia Avian yang sudah berdiri sejak tahun 1976. Sementara itu, Caturkarda Depo Bangunan membuka gerai pertamanya pada 1996 di Kalimalang, Jakarta Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber