10 Tanda-Tanda Kruk As Rusak pada Kendaraan Motor

10 Tanda-Tanda Kruk As Rusak pada Kendaraan Motor

10 Tanda-Tanda Kruk As Rusak pada Kendaraan Motor--ig.com/@anang_krukas

4. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Jika Anda menyadari bahwa sepeda motor Anda tiba-tiba menjadi lebih boros bahan bakar, ini bisa menjadi pertanda masalah pada kruk as. Ketidakefisienan dalam konversi gerakan piston menjadi tenaga putar dapat menyebabkan pembakaran yang tidak optimal, yang pada gilirannya meningkatkan konsumsi bahan bakar.

5. Oli Mesin Berkurang dengan Cepat

Kerusakan pada kruk as sering kali disertai dengan kebocoran oli. Anda mungkin akan melihat oli mesin berkurang dengan cepat tanpa ada tanda-tanda kebocoran eksternal yang jelas. 

BACA JUGA:Tantangan Penggunaan Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh di Indonesia

6. Overheating atau Mesin Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas juga bisa menjadi indikasi masalah pada kruk as. Ketika kruk as dan komponennya tidak berfungsi dengan baik, gesekan yang terjadi di dalam mesin meningkat, menyebabkan suhu mesin naik. Overheating dapat merusak komponen lain dan memperburuk kerusakan yang sudah ada.

7. Bunyi Ketukan Saat Mesin Berhenti

Jika Anda mendengar bunyi ketukan atau dentingan saat mesin berhenti setelah dimatikan, ini bisa menjadi tanda kruk as yang rusak. Bunyi ini mungkin disebabkan oleh komponen yang longgar atau aus, yang mengakibatkan gerakan yang tidak biasa setelah mesin tidak lagi beroperasi.

BACA JUGA:Mobile Intellectual Property Clinic 2024, Kemenkumham Sumsel Pamerkan Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim

8. Penurunan Performa Mesin Saat Beban Berat

Kerusakan pada kruk as juga dapat terlihat saat sepeda motor membawa beban berat atau mendaki tanjakan. Mesin mungkin kehilangan tenaga secara signifikan dalam situasi ini, menunjukkan bahwa kruk as tidak mampu menangani peningkatan beban dan tekanan.

9. Kebocoran Oli pada Area Kruk As

Tanda visual yang bisa Anda amati adalah kebocoran oli di sekitar area kruk as. Jika Anda melihat ada oli yang bocor di bawah sepeda motor atau di sekitar area mesin yang mengindikasikan kruk as, ini bisa menjadi pertanda adanya segel atau gasket yang rusak, yang sering kali disebabkan oleh masalah pada kruk as itu sendiri.

BACA JUGA:Pembukaan Flyover Sekip Ujung Tuai Respon Positif Warga Kota Palembang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber