Mobile Intellectual Property Clinic 2024, Kemenkumham Sumsel Pamerkan Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim

Mobile Intellectual Property Clinic 2024, Kemenkumham Sumsel Pamerkan Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim

Kemenkumham Sumsel akan pamerkan Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim pada Mobile Intellectual Property Clinic 2024, Jum’at (7/6/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kanwil Kemenkumham Sumsel akan menggelar Mobile Intellectual Property Clinic atau Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak di Hotel Aryaduta Palembang pada hari Rabu, 19 Juni 2024 mendatang.

Dalam rapat persiapan giat Mobile Intellectual Property Clinic 2024 bersama seluruh stakeholder terkait pada hari Jum’at, 7 Juni 2024, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Sumsel Ika Ahyani Kurniawati mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim untuk mengangkat Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim.

“Temanya adalah Eloknye Batik Kujur Dusun Tanjung Sambil Ngirup Kopi Semendo Muara Enim,” ucap Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Sumsel Ika Ahyani Kurniawati.

Ika Ahyani Kurniati kemudian menjelaskan alasan memilih tema tersebut karena Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim sudah dikenal luas masyarakat Indonesia dan mancanegara.

BACA JUGA:Layanan AHU Tahun 2024 Kemenkumham Sumsel Optimis Capai Target PNBP

“Batik Kujur ini telah tumbuh sejak tahun 2019, bahkan pernah pula dipamerkan pada event New York Indonesia Fashion Week yang digelar di Amerika Serikat pada bulan Februari 2023 lalu. Namun hingga kini, Batik Kujur ini belum terdaftar Hak Cipta Kekayaan Intelektualnya,” terang Ika Ahyani Kurniawati.

Mengenai Kopi Semendo Muara Enim yang merupakan Indikasi Geografis (IG) pertama Provinsi Sumatera Selatan yang terdaftar di Dirjen Kekayaan Intelektual, yang mana sampai saat ini baru enam Indikasi Geografis yang terdaftar dari Sumatera Selatan.


Ika Ahyani Kurniawati, Kadivyankumham Kemenkumham Sumsel, Jum’at (7/6/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

Oleh karena itu pada Mobile Intellectual Property Clinic 2024 nanti, lanjut Ika Ahyani Kurniawati, Kemenkumham Sumsel berkeinginan mengenalkan Batik Kujur yang mendunia dan Kopi Semendo yang nikmat rasanya kepada masyarakat Sumatera Selatan.

Dalam pelaksanaannya, Mobile Intellectual Property Clinic 2024 akan memfasilitasi beberapa hal yang terkait dengan kekayaan intelektual.

BACA JUGA: Kadivpas Berikan Penguatan Tusi Pemasyarakatan Saat Kunjungi UPT OKU

Di antaranya adalah layanan konsultasi, pendampingan pendaftaran, layanan penelusuran, penyusunan spesifikasi paten, pameran produk Kekayaan Intelektual oleh UMKM, serta layanan informasi dan pengaduan.

Mobile Intellectual Property Clinic 2024 ini, kata Ika Ahyani Kurniawati, dapat menjangkau masyarakat lebih dekat karena mengusung konsep jemput bola.

Sehingga, seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah Daerah (Pemda), Perguruan Tinggi, UMKM, Pelaku Ekonomi Kreatif, hingga masyarakat luas dapat mengenal Kekayaan Intelektual lebih dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: