Hainanese Chicken Rice: Resep Keluarga dengan Sentuhan Khas Singapura

Hainanese Chicken Rice: Resep Keluarga dengan Sentuhan Khas Singapura

Hainanese Chicken Rice: Resep Keluarga dengan Sentuhan Khas Singapura--Foto : [email protected]

- 675g beras jasmine

- 1/4 cangkir (sekitar) minyak sayur

- 4 siung bawang putih

- 2 eschallots, iris kasar (atau 1 bawang coklat, iris kasar)

BACA JUGA:Merawat Rice Cooker jadi Awet dan Tahan Lama & Rekomendasi Top 5 Produk

 

Cara Memasak:

1. Untuk minyak jahe dan bawang daun, tumbuk jahe dan garam hingga menjadi pasta kasar. Tambahkan daun bawang dan tumbuk ringan untuk mencampur. Panaskan minyak kacang dalam wajan kecil hingga beruap, kemudian tuangkan minyak panas tersebut ke dalam campuran jahe. Aduk, lalu sisihkan hingga siap disajikan.

2. Untuk saus cabai, tumbuk cabai, jahe, bawang putih, gula, dan garam bersama dalam cobek hingga halus. Tambahkan kaldu mendidih ke dalam campuran tumbukan tersebut. Sesuaikan jumlah kaldu sesuai dengan konsistensi saus yang diinginkan. Panaskan lemak ayam dalam panci kecil hingga panas, lalu tuangkan ke dalam campuran cabai dan aduk hingga tercampur rata.

3. Bersihkan lemak di dalam rongga perut ayam, dekat dengan ekor. Potong kasar lemak tersebut dan masukkan ke dalam wajan kecil dengan api sangat kecil untuk memanaskan. Panaskan lemak ayam tersebut, sambil sesekali diaduk selama sekitar satu jam hingga semua lemak terlepas dan bagian padatnya renyah. Angkat bagian padatnya dan gunakan untuk tujuan lain. Simpan minyak ayam tersebut.

BACA JUGA:Mudah dan Praktis! Resep Masakan Anak Kos dengan Rice Cooker, Kenyang Tanpa Ribet!

4. Untuk memulai merebus ayam, tumbuk jahe yang tidak dikupas dalam cobek dan tambahkan ke dalam panci besar yang berisi sekitar 4 liter air, bersama dengan bagian atas daun bawang yang digunakan untuk minyak jahe dan bawang daun. Tambahkan garam dan MSG atau bubuk kaldu ayam (jika digunakan) dan didihkan di atas api besar. Tes rasa air dan sesuaikan jumlah garam agar terasa gurih dan sedikit asin. Kurangi panas ke sangat rendah dan masukkan ayam ke dalam panci.

Pastikan ada cukup air dalam panci sehingga ayam tidak menyentuh dasar panci, karena itu akan menyebabkan kulitnya robek. Angkat ayam beberapa kali dari air untuk mengganti cairan di dalam rongga ayam. Jika Anda memiliki kait unggas, gunakan untuk menggantung ayam di panci. Air sekarang seharusnya mengeluarkan uap tapi tidak berbuih. Pertahankan panas rendah pada tingkat ini dan masak ayam selama 45 menit.

5. Gunakan kait unggas (atau sendok serut berlubang), angkat ayam dengan hati-hati dari panci, pastikan Anda tidak merobek kulitnya, dan rendam dalam mangkuk besar atau bak air dingin yang diberi garam. Simpan kaldu dan rendam ayam di dalam air es selama minimal 10 menit, sekali putar.

Ini akan menghentikan proses memasak dan memberi kulit tekstur yang kenyal. Angkat dari air es dan gantung di atas mangkuk atau bak cuci untuk mengeringkan dengan baik. Gosok kulit ayam dengan minyak wijen. Ayam seharusnya dimasak dengan sangat ringan, berwarna merah muda di dalam tulang, dan dengan kulit yang gelatin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber