Mengolah Kikil Menjadi Gulai Tunjang Yang Lezat Layaknya di Restoran Padang

Mengolah Kikil Menjadi Gulai Tunjang Yang Lezat Layaknya di Restoran Padang

Mengolah Kikil Menjadi Gulai Tunjang Yang Lezat Layaknya di Restoran Padang--ig.com/@arindazikri

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Salah satu menu andalan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi rumah makan Padang adalah gulai tunjang. Bagi para pecinta olahan kaki sapi resep gulai tunjang kikil sapi ini patut dicoba.

Tunjang atau kikil sapi dapat diolah dengan cara yang lebih praktis namun tetap memerlukan perhatian ekstra. Dalam dunia kuliner Minang, kaki sapi dikenal sebagai tunjang.

Biasanya, tunjang dalam masakan gulai masih menempel pada tulangnya, berbeda dengan masakan lainnya yang menggunakan tunjang tanpa tulang.

Memasak tunjang dengan tulangnya memberikan sensasi tersendiri saat dinikmati, terlebih dengan menggunakan tangan.

BACA JUGA:O2SN Tingkat SD Kota Palembang Cari Bibit Berprestasi

Namun, untuk mempermudah proses memasak, resep ini menggunakan tunjang tanpa tulang.

Memasak Gulai Tunjang

Gulai identik dengan bumbu yang kuat dan dimasak dengan santan yang harum. Tidak hanya daging, kikil juga bisa diolah menjadi gulai. Pertama-tama, rebus kikil hingga empuk, lalu masak dengan bumbu gulai.

Kikil yang lembut berpadu dengan kuah gulai kental memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan olahan daging biasa.

Tips Mengolah Tunjang Sapi

Dulu, kaki sapi sering dijual dalam bentuk gelondongan sehingga proses pembersihannya cukup merepotkan. Pertama, kaki sapi direbus agar mudah saat mengulitinya.

BACA JUGA:Elon Musk Mengubah Strategi, Tesla Tak Lagi Fokus pada Target 20 Juta Mobil Listrik pada 2030

Setelah bersih, bagian telapak kaki atau sepatunya harus dilepaskan dengan tenaga ekstra. Setelah itu, tunjang dipisahkan dari tulangnya. Kini, tunjang lebih mudah didapatkan dalam berbagai bentuk, baik di pasar tradisional maupun toko online.

Ada tunjang yang sudah dipotong, belum dipotong, hingga yang sudah lepas dari tulangnya. Bahkan, ada yang sudah direbus. Namun, pastikan untuk memperhatikan kebersihannya meskipun sudah matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber