Mengolah Kikil Menjadi Gulai Tunjang Yang Lezat Layaknya di Restoran Padang

Mengolah Kikil Menjadi Gulai Tunjang Yang Lezat Layaknya di Restoran Padang

Mengolah Kikil Menjadi Gulai Tunjang Yang Lezat Layaknya di Restoran Padang--ig.com/@arindazikri

Jika membeli tunjang yang belum matang, menggunakan panci presto dapat mempercepat proses memasak. Masukkan dua liter air ke dalam panci presto dan tambahkan beberapa lembar daun salam serta asam jawa untuk menetralisir bau.

Meskipun praktis, hati-hati saat membuka panci presto agar tidak terjadi ledakan. Jika tidak memiliki panci presto, gunakan panci biasa dan rebus hingga dua jam atau lebih.

BACA JUGA:Metode Menyimak Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Terdeteksi

Resep Gulai Tunjang

Bahan: 50 gram kikil (rebus hingga empuk), 1 liter santan (dari 1 butir kelapa tua), 1 lembar daun kunyit, 2 lembar daun jeruk, 2 buah asam kandis, 1 batang serai (memarkan).

Bumbu Halus: 15 buah cabai rawit merah, 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 6 butir kemiri, 1 1/2 sentimeter kunyit (cincang), 2 sentimeter lengkuas (cincang), 1 1/2 sendok teh garam.

BACA JUGA: Begini Kehidupan Cristian Gonzales (El Locco), Eks Pemain Timnas Indonesia yang Berjaya di Tanah Air

Cara Membuat Gulai Tunjang

Rebus kikil potong-potong sesuai selera, lalu sisihkan. Campurkan santan, bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, asam kandis, dan serai dalam panci berukuran sedang. Masak sambil diaduk hingga mendidih.

Masukkan kikil ke dalam kuah gulai dan masak dengan api kecil, aduk sesekali hingga santan mengental. Koreksi rasa dengan menambahkan penyedap masakan sesuai selera. Gulai tunjang akan makin sempurna jika dihidang dengan nasi hangat.

Memasak gulai tunjang memang memerlukan waktu dan kesabaran, tetapi hasilnya akan sebanding dengan usaha yang dikeluarkan.

Aroma rempah dan santan yang menggoda serta kikil yang lembut akan menjadi sajian yang istimewa untuk dinikmati bersama keluarga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber