Meminimalisir Konflik Sosial, Polres OKI Kembali Sambangi Desa Sungai Sodong dan PTSWA

Meminimalisir Konflik Sosial, Polres OKI Kembali Sambangi Desa Sungai Sodong dan PTSWA

Meminimalisir konflik sosial, Polres OKI kembali sambangi Desa Sungai Sodong dan PTSWA, Minggu (26/5/2024).--Humas Polres OKI

OKI, PALTV.CO.ID - Meminimalisir terjadinya konflik sosial antara masyarakat Desa Sungai Sodong Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan PTSWA, jajaran Polres Ogan Komering Ilir kembali menyambangi Desa Sungai Sodong.

Polres OKI secara intens melakukan kegiatan pencegahan konflik sosial yang terjadi di Desa Sungai Sodong dengan PTSWA,” ujar Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto melalui Kasi Humas Iptu Hendi Yusrian pada hari Minggu, 26 Mei 2024.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mendeteksi secara dini penyelesaian konflik sosial di wilayah tersebut yang sejak lama terjadi, berkaitan dengan 633 hektare lahan yang dipermasalahkan sampai saat ini.

“Upaya mediasi sudah dilakukan oleh Polda Sumsel dan Polres OKI. Bahkan ini jadi atensi khusus dari Polda Sumsel, sehingga rutin lakukan giat sambang dan patroli, ” ungkap Iptu Hendi Yusrian.

BACA JUGA:Dugaan Sengketa Lahan, Warga Sungai Sodong Klaim PT. SWA Serobot Lahan Plasma Mereka

Sebelumnya pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2024 lalu, Polres OKI juga menyambangi kedua wilayah dengan melibatkan 60 personel Polres OKI.

“Tiba di kediaman Samsul selaku Kepala Desa Sungai Sodong pukul 10:00 WIB. Kedatangan Polres OKI disambut langsung oleh Kades, dan beliau menyampaikan bahwa situasi saat ini masih sangat kondusif,” ucap Iptu Hendi Yusrian.

Sedangkan rombongan yang menuju ke PTSWA tiba sekira pukul 10:45 WIB, dipimpin Kasat Intel Polres OKI dan Kasat Binmas didampingi Kanit Sosbud Sat Intelkam.

Kunjungan ke PTSWA, lanjut Iptu Hendi Yusrian, disambut Farel selaku sekuriti di kantor PTSWA dan Imanuel yang merupakan Asisten Harian perusahaan.

BACA JUGA:PGRI Sumsel: Study Tour untuk Tingkat Sekolah Dasar Tidak Begitu Penting


Tim Polres OKI disambut Farel selaku sekuriti di kantor PTSWA dan Imanuel yang merupakan Asisten Harian perusahaan, Minggu (26/5/2024).--Humas Polres OKI

“Saat itu pimpinan perusahaan sedang tidak berada di tempat. Namun menurut keduanya, sampai saat ini situasi masih aman terkendali. Para karyawan terus melaksanakan kegiatan, baik pembersihan, pemupukan, penanaman, dan pembersihan land clearing yang ditumbuhi semak belukar,” jelas Iptu Hendi Yusrian.

Kasi Humas Polres OKI Iptu Hendi Yusrian menyebut tak ada lagi permasalahan dan gesekan, baik perusahaan dan juga masyarakat Desa Sungai Sodong, situasi aman dan kondusif.

“Apabila ada yang sengaja menyebarkan isu yang tidak benar, itu hoax, dengan maksud memperkeruh situasi dan menyudutkan pihak tertentu. Dan jangan sampai warga Sungai Sodong dan PTSWA terprovokasi dan melakukan konflik atau kekerasan," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: