Ratusan UMKM Siap Meriahkan Pesta Kemerdekaan Indonesia di IKN

Ratusan UMKM Siap Meriahkan Pesta Kemerdekaan Indonesia di IKN

Jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Kemenparekraf siapkan sentra ekonomi kreatif untuk UMKM di IKN--Foto : indonesia.go.id/Kemenparekraf

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan pusat ekonomi kreatif khusus bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Diperkirakan, sekitar 300 hingga 400 UMKM akan berpartisipasi dalam rangkaian peringatan kemerdekaan di ibu kota baru ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan dalam keterangan resmi di Penajam, Kalimantan Timur, bahwa fasilitas ini akan tersedia mulai Juli atau awal Agustus 2024.

"Kami menyediakan pusat ekonomi kreatif untuk UMKM dalam rangka Upacara Kemerdekaan RI di IKN," ujar Sandiaga pada Jumat (10/5/2024).

BACA JUGA:ASN SIap-siap! ini Penjabaran Rinci Rencana Pemindahan ASN ke IKN

Para pelaku UMKM yang akan berpartisipasi telah mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Sandiaga menambahkan, "Dengan adanya pusat ekonomi kreatif ini, UMKM yang telah dibina oleh OIKN dapat berkreasi dan mengikuti pelatihan, sehingga mereka siap berpartisipasi dalam upacara."

Diperkirakan, upacara kenegaraan yang pertama kali digelar di IKN Nusantara ini akan dihadiri sekitar 6.000 peserta dan tamu undangan. Kemenparekraf juga telah mempersiapkan fasilitas pariwisata dan perhotelan, dengan sejumlah hotel yang sudah dapat melayani tamu pada awal Agustus 2024.

 

Peran Penting UMKM

Sebelumnya, Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito, menekankan pentingnya peran UMKM dalam ekonomi nasional, terutama yang bergerak di bidang makanan dan minuman di wilayah IKN. "UMKM adalah penggerak ekonomi nasional Indonesia. Oleh karena itu, mereka perlu mendapatkan pembinaan dan perhatian lebih," ujarnya pada Rabu (8/5/2024).

BACA JUGA:Bahlil: IKN 100 Persen Berjalan Kecuali Penggantinya Jokowi Tidak Sejalan

Otorita IKN bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga menggelar Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji untuk memastikan kesehatan masyarakat di IKN. Pelatihan ini merupakan kolaborasi antara berbagai instansi kesehatan dan bertujuan untuk mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan serta meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

 

Persiapan Infrastruktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber