Kemenparekraf Catat Pertumbuhan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yang Mengesankan Tahun 2023

Kemenparekraf Catat Pertumbuhan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yang Mengesankan Tahun 2023

Kemenparekraf Catat Pertumbuhan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yang Mengesankan Tahun 2023--instagram.com/@bali.viral

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat beberapa peningkatan yang terjadi di beberapa sektor pariwisata dan Ekonomi Kreatif tanah air.

Peningkatan jumlah wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan lokal menunjukan upaya berbagai pihak disektor ini menghasilkan perubahan terhadap kemajuan industri pariwisata.

Berdasarkan data di Kemenparekraf pada September 2023, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke berbagai wilayah di Indonesia mencapai 1,07 juta kunjungan.

Ini mengalami kenaikan di bulan yang sama pada tahun 2022 (year to year) sebesar 52,76 persen. 

BACA JUGA:Mulai Januari 2024! Pedagang Online yang Tak Terdaftar di BPS Akan Kena Sanksi

meningkatnya kunjungan wisata tentu saja tak lepas dari peran serta industri kreatif yang mengiringinya. Salah satu sub sektor pendukung yakni subsektor prioritas seperti musik.

Dimana konser musik bertaraf internasional menjadikan jumlah kunjungan wisatawan luar datang ke Indonesia.  Termasuk kalender wisata setiap kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Sinergi antara pariwisata dan subsektor ekonomi kreatif sudah melambungkan nama Indonesia sepanjang tahun 2023.

Total income negara dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada tahun tembus 4,26 miliar dolar atau sekitar Rp 1.300 triliun. Angka ini tentu saja cukup besar, mengingat saat ini pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi 3 besar pertumbuhan di dunia.

BACA JUGA:Mengintip Koleksi Mobil Langka Sultan Hassanal Bolkiah, Harganya Lebih Mahal dari Klub Manchester United

Kemenparekraf bersinergi dengan UMKM dan pelaku wisata lainnya terus berupaya menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di sektor ii pada tahun 2024. Ini berarti akan merangsang sektor ekonomi kreatif yang lebih moncer.

Beberapa event internasional yang digelar menjadi daya tarik luar biasa terhadap pertumbuhan jumlah wisatawan lokal dan manca negara.

Event olahraga dimana Indonesia menjadi tuan rumah, menjadi peluang besar bagi perkembangan pelaku usaha di sektor pariwisata tanah air.

Sementara itu untuk ekonomi kreatif terus ditingkatkan dengan pengembangan peluang dan potensi ekonomi. Untuk ekonomi kreatif terdapat 14 subsektor ekonomi kreatif yang tumbuh luar biasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber