Menguak Bahaya Mendengkur: Ancaman Tersembunyi bagi Kesehatan Jantung dan Otak

Menguak Bahaya Mendengkur: Ancaman Tersembunyi bagi Kesehatan Jantung dan Otak

Mewaspadai Dengkur--Foto : Freepik.com

Penderita OSA dapat menjalani pemeriksaan menggunakan Polisomnografi (PSG) di laboratorium tidur di sejumlah rumah sakit di Indonesia. PSG memantau berbagai aspek fisiologis tidur yang terganggu oleh OSA, memberikan data komprehensif tentang keparahan dan dampaknya pada kesehatan.

Pengobatan OSA mencakup perubahan gaya hidup, seperti pola makan sehat, berhenti merokok, menghindari alkohol, dan obat tidur. Menjaga jadwal tidur teratur juga penting. Untuk penderita OSA berat, terapi menggunakan Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) sering disarankan. CPAP menjaga jalan napas tetap terbuka selama tidur.

BACA JUGA:6 Produk Rumah Tangga yang Berbahaya Bagi Kesehatan Anda

Pengobatan OSA harus disesuaikan dengan kebutuhan individu dan di bawah pengawasan dokter. Deteksi dini gejala OSA penting bagi penderita penyakit serius seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung untuk mengelola OSA dan meningkatkan kualitas hidup.

Deteksi dini OSA dapat mengurangi komplikasi kardiovaskular, memperbaiki manajemen diabetes, dan meningkatkan hasil klinis bagi pasien dengan gejala berat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id