Jangan Terlalu Bersedih! Ini Adab Seorang Muslim saat Diterpa Musibah Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Jangan Terlalu Bersedih! Ini Adab Seorang Muslim saat Diterpa Musibah Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Adab Seorang Muslim saat Diterpa Musibah --Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Roda kehidupan selalu berputar. Musibah dan cobaan dalam hidup seringkali datang tanpa diduga.

Sebagai hamba Allah SWT, semua manusia dalam kehidupan di dunia ini tidak akan luput dari berbagai macam cobaan. Lantas sebagai seorang muslim, sikap seperti apa yang harus dilakukan saat diterpa musibah?

Kehidupan manusia memang selalu diwarnai dengan berbagai ujian dan cobaan. Namun, musibah yang datang tidak selalu berarti hal yang buruk.

Datangnya musibah juga dapat mengandung hikmah di balik terjadinya. Tinggal bagaimana cara seorang muslim menghadapi musibah tersebut.

BACA JUGA:Ini Hikmah Dibalik Sakit dalam Islam, Ada 4 Malaikat Khusus yang Diutus Allah SWT

Tidak ada manusia yang lepas dari ujian dalam hidupnya, dan ujian serta musibah pasti akan datang karena sesungguhnya Allah SWT menciptakan kehidupan beserta ujian dan musibah untuk menguji manusia, apakah mereka benar-benar bertakwa kepada Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Anbiyaa’ ayat 35, yang artinya:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan” (QS. Al Anbiyaa’ : 35).

Kita semua pasti merasa bersedih jika diterpa musibah, dan ini adalah hal yang wajar. Memang hal ini sangat manusiawi, namun jika kita memaknai lebih dalam, kita akan menyadari bahwa semua ini adalah sunatullah, yang berarti bahwa musibah dan ujian adalah bagian dari hidup manusia yang ditakdirkan oleh Allah SWT.

Musibah yang terjadi ada yang menyikapinya sebagai keburukan, dan ada juga yang menganggapnya sebagai sebuah teguran untuk menjadi lebih baik. Sebagai seorang muslim, kita dilarang berlarut-larut dalam kesedihan. Lantas bagaimana adab yang sebaiknya dilakukan dalam menyikapi musibah yang terjadi?

BACA JUGA:Pemerintah Arab Saudi Mengizinkan Semua Jenis Visa untuk Melakukan Umrah

Dirangkum paltv.disway.id dari berbagai sumber, berikut adab seorang muslim saat diterpa musibah agar tetap mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

 

Sabar Menghadapi Musibah

Adab yang pertama yang harus dilakukan oleh seorang muslim tentunya adalah sabar. Mengutip pernyataan Imam Suyuthi dalam Tafsir al-Jalalain, sabar adalah menahan diri terhadap apa yang Anda benci. Sabar menjadi cara menghadapi musibah dalam Islam yang harus diamalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber