Mirip Dengan Kolestrol, Tapi Lebih Berbahaya, Inilah Penyakit Trigliserida Yang Harus Kamu Ketahui!

Mirip Dengan Kolestrol, Tapi Lebih Berbahaya, Inilah Penyakit Trigliserida Yang Harus Kamu Ketahui!

Mirip Dengan Kolestrol, Tapi Lebih Berbahaya, Inilah Penyakit Trigliserida Yang Harus Kamu Ketahui!--Sumber fhoto : nature.indo (lazada)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID– Bagi kamu, mungkin nama penyakit kolestrol sudah tak asing lagi didengar. Tapi apakah kamu tahu bahwa ada penyakit yang lebih berbahaya dari kolestrol? Ya, benar namanya Trigliserida.

Trigliserida, Apa Sih Sebenarnya? Trigliserida, merupakan salah satu jenis lipid yang beredar di dalam aliran darah kita. Fungsinya yaitu menyimpan energi dari kalori dan memberikan pasokan tenaga untuk tubuh kita.

 Asupan makanan kita merupakan sumber utama pembentukan zat ini.

Sering kali Trigliserida disamakan dengan kolesterol, padahal keduanya memiliki peran yang berbeda. Kolesterol dihasilkan dari metabolisme lemak dan berperan dalam pembentukan jaringan serta sel tubuh, dan juga dalam produksi hormon-hormon penting.

sedangkan trigliserida, kolesterol juga tidak larut dalam darah dan memerlukan protein untuk membantunya berpindah melalui tubuh.

BACA JUGA: Kingdom of the Planet of the Apes, Ketika Raja-raja Kera Menguasai Bumi

Apa Penyebab Tingginya Kadar Trigliserida?

Tingkat trigliserida yang tinggi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius, dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kenaikan kadar ini sangat beragam. Beberapa penyebabnya adalah:

• Konsumsi berlebihan karbohidrat, yang dapat menyebabkan resistensi insulin, sehingga tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan efisien. Akibatnya, hati menghasilkan lebih banyak trigliserida.

• Kurangnya aktivitas fisik, yang menyebabkan akumulasi lemak dalam tubuh.

• Konsumsi alkohol yang berlebihan, karena alkohol mengandung tinggi gula dan kalori.

• Diet tinggi lemak, yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh.

• Kebiasaan merokok, yang dapat mengganggu keseimbangan lemak dalam darah.

Gejala dan Diagnosis Trigliserida Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: