Peringati Hardiknas, PGRI Sumsel Menilai Kesejahteraan Guru Honor di Sumatera Selatan Perlu Ditingkatkan

Peringati Hardiknas, PGRI Sumsel Menilai Kesejahteraan Guru Honor di Sumatera Selatan Perlu Ditingkatkan

Peringati Hardiknas, PGRI Sumsel menilai kesejahteraan Guru Honorer di Sumatera Selatan perlu ditingkatkan, Kamis (2/5/2024).-Ekky Saputra-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Hingga peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2024, dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di Sumatera Selatan saat ini, masih banyak tantangan yang dihadapi. Di antaranya masih banyak Guru Honorer yang kurang sejahtera dalam segi ekonomi.

Ditemui dalam kegiatan upacara Hari Pendidikan Nasional Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada hari Kamis, 2 Mei 2024, Sekretaris Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Sumatera Selatan Lukman Haris mengatakan, pada momen Hardiknas ini pihaknya mengharapkan Pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan Guru, terutama bagi Guru Honorer.

"Dalam momen ini tentu kami mengharapkan Pemerintah tetap berusaha meningkatkan kesejahteraan Guru yang ada di Sumsel, terutama Guru Honorer. Kita ketahui saat ini masih banyak kesejahteraan Honorer yang masih rendah," kata Sekretaris Umum PGRI Sumsel Lukman Haris.

Selain itu, perlunya perhatian khusus dari Pemerintah Daerah terutama bagi Guru Honorer dalam mengikuti Tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sehingga nantinya Guru Honorer yang ada di Sumatera Selatan dapat diterima sebagai ASN PPPK.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Sampaikan Jawaban 6 Raperda di DPRD Sumsel

BACA JUGA: AJI Resmi Buka Indonesia Fact Checking Summit 2024


Lukman Haris, Sekretaris Umum PGRI Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (2/5/2024).-Ekky Saputra-PALTV

"Kami berharap bagi para Guru yang masih honor ini, dapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah, terutama dalam rangka mereka mengikuti tes PPPK. Dengan harapan semua Guru Honor yang ada di Sumsel dapat diterima sebagai ASN PPPK," harap Lukman Haris, Sekretaris Umum PGRI Sumsel.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Sutoko mengatakan, terkait kesejahteraan Guru, Pemprov Sumsel akan terus mengupayakan dengan anggaran yang ada untuk mensejahterakan Guru, khususnya yang ada di Sumatera Selatan.


Sutoko, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumatera Selatan, Kamis (2/5/2024).-Ekky Saputra-PALTV

"Dinamika ekonomi tentang personal Guru ini menjadi tantangan bersama. Kami pihak Pemerintah telah berkomitmen sesuai dengan kemampuan anggaran, tetap memperhatikan dan ingin mensejahterakan Guru," ujar Sutoko, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas Guru di Sumatera Selatan, Pemerintah bekerja sama dengan Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan (PPMP), melakukan pelatihan guna meningkatkan profesionalisme Guru yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv