Ingin Berkendara Jauh? Perhatikan 3 Tahapan Ini

Ingin Berkendara Jauh? Perhatikan 3 Tahapan Ini

menjaga keselamatan saat melakukan perjalanan jauh sangatlah penting.--pixabay.com/Pexels

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Untuk menjalani perjalanan jauh dengan aman di jalan, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan sebelum, selama, dan setelah perjalanan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda menjaga keselamatan saat melakukan perjalanan jauh.

Sebelum perjalanan

Rencanakan rute perjalanan Anda terlebih dahulu. Pahami rute yang akan Anda ambil, periksa kondisi jalan, dan informasi lalu lintas terkini. Pastikan Anda memiliki peta atau menggunakan aplikasi navigasi yang dapat membantu Anda dalam perjalanan.

Lakukan pemeriksaan kendaraan. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik, seperti rem, ban, lampu, dan tingkat oli serta pendingin mesin yang mencukupi. Juga, pastikan ada alat cadangan seperti ban serep, alat perbaikan sederhana, dan kabel jumper di dalam kendaraan.

BACA JUGA:Puding-puding Ini Bikin Cuaca Panas Ga Ada Apa-apanya

BACA JUGA:Dapoer Bikling Lahat, Warung Makan Selera Dusun yang Menggoda Mata

Periksa dokumentasi dan asuransi kendaraan Anda. Pastikan surat-surat kendaraan seperti STNK, SIM dan asuransi kendaraan Anda masih berlaku. Jika memungkinkan, bawa salinan dokumen-dokumen ini saat melakukan perjalanan.

Selama perjalanan

Patuhi aturan lalu lintas. Perhatikan rambu lalu lintas, batas kecepatan dan sinyal lampu lalu lintas. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda dan hindari menerobos lampu merah atau melakukan perilaku berbahaya lainnya.

Istirahat secara teratur. Perjalanan jauh bisa melelahkan, jadi pastikan Anda beristirahat secara teratur. Sediakan waktu untuk makan, minum dan istirahat singkat untuk meregangkan tubuh.

BACA JUGA:Ssst..! Rahasia Menghasilkan Jutaan Rupiah di YouTube

BACA JUGA:Tim Serigala Temukan Warga yang Dilaporkan Menghilang di Bengkulu

Hindari mengemudi dalam kondisi kelelahan yang berat, karena ini dapat mengurangi konsentrasi dan waktu reaksi Anda. Pastikan juga pengemudi tidak dalam keadaan mengantuk dalam berkendara karena mengantuk dapat mengakibatkan kejadian yang fatal.

Hindari penggunaan telepon seluler saat mengemudi. Dalam perjalanan, hindari menggunakan telepon seluler untuk menelepon, mengirim pesan, atau menggunakan aplikasi selama mengemudi. Ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari jalan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: