Tape Ketan Hitam, Camilan Tradisional yang Manis, Legit dan Lezat

Tape Ketan Hitam, Camilan Tradisional yang Manis, Legit dan Lezat

Tape Ketan Hitam, Camilan Tradisional yang Manis, Legit dan Lezat--ig.com/@logamjawa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Tape ketan, merupakan makanan khas Betawi yang terbuat dari beras ketan hitam atau putih. Dengan cita rasa yang manis dan proses pembuatannya yang terbilang sederhana, Tape ketan menjadi favorit banyak orang.

Dibalik kesederhanaannya, terdapat rangkaian proses yang harus diikuti untuk menghasilkan tape ketan hitam yang sempurna.

Proses utama dalam pembuatan tape ketan adalah fermentasi.

Fermentasi ini merupakan proses alami di mana mikroorganisme mengubah karbohidrat menjadi alkohol atau asam.

BACA JUGA:Tahap II Tersangka Korupsi Oknum Notaris Palembang Kasus Jual Aset Sumsel di Jogja.

Pada tape ketan, proses ini menghasilkan rasa manis yang khas dan membuat tape tahan lama. Oleh karena itu, pengaturan proses fermentasi sangat penting untuk mendapatkan tape ketan hitam yang lezat.

Salah satu resep tape ketan hitam yang populer adalah tape ketan hitam manis. Untuk membuatnya, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain beras ketan hitam, ragi tape keping, gula pasir, dan daun pandan.

Langkah-langkahnya dimulai dengan merendam beras ketan hitam selama dua jam, kemudian mengukusnya bersama daun pandan hingga matang.

Setelah dingin, ragi tape dan gula pasir dicampurkan dan kemudian dibiarkan untuk mengalami proses fermentasi selama 3-4 hari hingga aroma yang sedap muncul.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Mengudara di SMART FM, Upaya Menjangkau Masyarakat Agar Lebih Dekat dan Paham HKI

Selanjutnya, terdapat resep tape ketan hitam legit yang juga bisa dicoba. Bahan-bahannya meliputi ketan hitam, ketan putih, ragi tape, dan gula pasir larut.

Proses pembuatannya melalui pencampuran ketan hitam dan putih yang telah direndam semalaman, kemudian dikukus dan didinginkan.

Ragi tape dicampurkan setelah dingin, lalu tape dibungkus dalam daun pisang dan disimpan selama 2-3 hari untuk mengalami fermentasi.

Terdapat pula resep tape ketan hitam anti gagal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber