Maju Pilkada, Dua Birokrat Kabupaten Muaraenim Siap Pensiun Dini

Maju Pilkada, Dua Birokrat Kabupaten Muaraenim Siap Pensiun Dini

Ambil Formulir : Bacabup Muara Enim Edison dan Bacawabup Muara Enim Mat Kasrun mengabadikan momen kebersamaan usai pengambilan formulir di kantor DPD Partai Nasdem Muara Enim.--Foto : Mardiansyah - PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Hari pertama pembukaan pendaftaran Kantor DPD Partai Nasdem MUARA ENIM menerima kedatangan dua calon birokrat yang mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) MUARA ENIM periode 2024-2029

Bahkan meski keduanya masih aktif sebagai ASN, namun sebagai bentuk keseriusan dan tekadnya keduanya menyatakan siap akan pensiun dini jika resmi maju pada Pilkada Muara Enim mendatang, Rabu (17/4).

Adapun kedua birokrat tersebut yakni calon Bakal Bupati Muara Enim (Bacabup) Edison yang terakhir menjabat sebagai Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan di Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumsel, dan Mat Kasrun yang mengantarkan berkas dan mengambil formulir pendaftaran sebagai Bacawabup Muara Enim periode 2024-2029.

Diketahui Mat Kasrun sendiri saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bappeda Muara Enim. Kedatangan keduanya diterima langsung oleh ketua DPD Nasdem Muara Enim, Ajis Rahman didampingi Sekretaris Kasman dan pengurus serta anggota fraksi Nasdem.

BACA JUGA:Tujuh Bacalon Bupati dan Wabup Muara Enim Ambil Formulir Ke PDI Perjuangan, Ada Nama Pj Bupati Muara Enim

Ketua DPD Nasdem Muara Enim Ajis Rahman, mengatakan bahwa di hari pertama pembukaan pendaftaran sudah ada beberapa calon yang hadir mengambil formulir dan ada yang baru sebatas mengirimkan berkas. Hari ini, pihaknya kedatangan Edison sebagai Bacabup Muara Enim, dan Mat Kasrun sebagai Bacawabup Muara Enim. 

Selain itu, ada juga Pj Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali yang sudah mengirim berkas namun belum datang mengambil formulir bersama Shinta Paramita Sari sebagai calon wakil Bupati. "Kalau Rizali baru mengirim berkas saja namun belum secara resmi mengambil formulir. Dan sebaiknya yang mau mengambil formulir adalah yang mencalonkan diri," ujarnya.

Lanjut Ajis, pendaftaran ini dibuka dari tanggal 17 April hingga nanti tanggal 2 Mei 2024 mendatang. Rencananya DPD Nasdem Muara Enim akan mengajukan tiga pasangan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim periode 2024-2029 ke DPP Nasdem.

Disinggung mengenai kriteria khusus, Ajis mengaku bahwa DPD Partai Nasdem Muara Enim membuka pitu selebar-lebarnya bagi siapapun yang ingin mendaftar, kemudian nanti apa yang diputuskan tim penyaringan nanti itulah yang akan dikirim ke DPW dan DPP Partai Nasdem.

BACA JUGA:625 WBP Lapas Kelas IIB Muara Enim Dapat Remisi, 8 Orang Langsung Bebas

Namun tetap harus ada rekomendasi dari DPD, kalau tidak ada rekomendasi itu tidak bisa diproses oleh DPP. "Secara tertulis nanti kita akan sampaikan rekomendasi hasil penyaringan Bacalon, nanti juga akan ada uji elektabilitas dari DPP, nanti tergantung DPP partai Nasdem, ada hak penambahan dari DPW dua pasang jadi total 5 pasang," ungkapnya.

Bacabup Muara Enim, Edison mengatakan bahwa pada prinsipnya kedatangannya sekaligus silaturrahmi dengan partai, jadi tidak ada niat membeda-bedakan antara partai itu sendiri. Jika nanti terpilih dan diberikan amanah untuk membangun Muara Enim maka akan mengedepankan prinsip kebersamaan. 

Oleh karena itu, dirinya mengunjungi partai-partai dan mengambil formulir pendaftaran, karena pada dasarnya tidak ada partai yang memenuhi syarat untuk mengusung calon secara mandiri.

Mudah-mudahan ada kolaborasi, kesesuaian di antara partai yang kita kunjungi sehingga sehingga mengerucut nanti bisa mengusung dan mengantarkan kita sebagai Bacabup Muara Enim periode mendatang. "Saya saat ini masih sebagai ASN, namun saya siap pensiun dini demi mengabdi untuk daerah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id