Hubungan Garam dan Dehidrasi: Perlukan Menambahkan Garam Ke Air Minum?

Hubungan Garam dan Dehidrasi: Perlukan Menambahkan Garam Ke Air Minum?

Hubungan Garam dan Dehidrasi: Perlukan Menambahkan Garam Ke Air Minum?--free pik.com

BACA JUGA:Meski Sedang Berpuasa, Ratusan Warga Kalidoni Serbu Pelayaan Publik Jemput Bola

Sushma PS, ahli diet utama di Jindal Nature Cure Institute, mengatakan: Meskipun minum apa yang kita anggap sebagai cairan yang 'cukup', kita mungkin mengalami gejala dehidrasi seperti kelelahan, pusing, haus, dan berkurangnya produksi urin.

Ini adalah masalah yang sangat umum, kata Sushma Peeth, ahli diet utama di Jindal Nature Cure Institute. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah menambahkan garam ke dalam air dapat membantu menjaga tingkat hidrasi.

Garam, khususnya natrium klorida, memainkan peran penting dalam keseimbangan air tubuh. Ketika kita berkeringat, kita tidak hanya kehilangan air tetapi juga elektrolit penting seperti natrium.

Dipercaya bahwa mengisi kembali natrium yang hilang melalui asupan garam dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan air dan mencegah dehidrasi,' kata Sushma.

BACA JUGA:Klakson dengan Suara Merdu: 10 Pilihan Variasi untuk Kendaraan Anda

Namun, efektivitas suplementasi garam untuk hidrasi masih menjadi kontroversi di antara para ahli kesehatan. Jika fungsi ginjal normal, kata Dr Gupta, tidak perlu asupan garam tambahan, karena ginjal secara alami mengatur kadar natrium klorida.

Yang lain berpendapat bahwa asupan garam yang berlebihan dapat berdampak negatif pada tekanan darah dan kesehatan secara keseluruhan, terutama pada orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti tekanan darah tinggi.

"Terutama saat cuaca panas, kata Dr Gupta, "disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengubah asupan garam.

Apa yang berhasil?

BACA JUGA:Timnas Indonesia Memiliki Peluang Besar Untuk Naik di Peringkat FIFA

Menurut Dr Gupta, strategi hidrasi yang tepat yang mencakup asupan cairan yang seimbang dan makanan kaya elektrolit sangat penting untuk mengatasi dehidrasi pada musim panas yang terik.

Menambahkan sejumput garam ke dalam air dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang dan membantu hidrasi, tetapi penting untuk melakukannya dalam jumlah yang tidak berlebihan dan mempertimbangkan kondisi kesehatan individu.

Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan dan mengembangkan strategi hidrasi yang sesuai dengan kondisi Anda, terutama selama bulan-bulan musim panas ketika risiko dehidrasi meningkat, kata Sushma.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber