Rentan Penyebab Kecelakaan. Ini Panduan Merawat Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Rentan Penyebab Kecelakaan.  Ini  Panduan Merawat Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Rentan Penyebab Kecelakaan. Ini Panduan Merawat Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran--Foto : Freepik.com

Memeriksa Ban Cadangan

Selain memeriksa keempat ban yang terpasang di mobil, jangan lupa untuk juga memeriksa kondisi ban cadangan secara berkala. Pastikan ban cadangan tersebut dalam kondisi prima dan siap pakai jika dibutuhkan selama perjalanan.

Membersihkan ban cadangan dari kotoran dan debu serta memeriksa tekanan angin secara teratur adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kelayakan ban cadangan.

 

Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing adalah langkah perawatan lanjutan yang sebaiknya dilakukan setiap 20.000 km atau lebih sering jika sering melintasi jalan yang tidak rata. Spooring bertujuan untuk meluruskan kedudukan ban mobil, sementara balancing bertujuan untuk membuat putaran ban menjadi seimbang.

BACA JUGA:7 Tips Memilih Merk Ban Mobil Terbaik di Indonesia

Langkah ini penting untuk meminimalisir gejala keausan ban yang tidak merata dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

 

Memperhatikan Beban Kendaraan

Selalu perhatikan beban kendaraan saat melakukan perjalanan mudik. Hindari membawa muatan secara berlebihan yang dapat memengaruhi performa dan stabilitas kendaraan. Pastikan juga jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas standar mobil untuk menjaga keseimbangan dan daya cengkram ban.

 

Menggunakan Nitrogen pada Ban

Salah satu langkah perawatan lanjutan adalah mengganti angin biasa pada ban dengan gas nitrogen. Penggunaan gas nitrogen dapat membuat ban lebih awet dan tahan lama karena tekanan ban menjadi lebih stabil. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan gas nitrogen dapat merugikan saat suhu udara rendah karena gas nitrogen dapat cepat habis.

BACA JUGA:Tips Gampang dari Bridgestone Indonesia untuk Menjaga Kondisi Ban Mobil dan Meningkatkan Keselamatan Berkendar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber