Jangan Sampai Terlewatkan! Raih Keutamaan Malam Lailatul Qadar dengan Amalan-amalan Berikut Ini

Jangan Sampai Terlewatkan! Raih Keutamaan Malam Lailatul Qadar dengan Amalan-amalan Berikut Ini

Raih keutamaan malam Lailatul Qadar dengan amal ibadah.--freepik.com/@xvector

 

BACA JUGA:7 Hal kenapa Makam Nabi Muhammad SAW sangat istimewa

 

Lantas, ibadah apa saja yang bisa dilakukan umat islam pada malam Lailatul Qadar? Dirangkum paltv.co.id dari berbagai sumber, adapun amalan untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadar adalah sebagai berikut:

 

1. Qiyamul Lail (salat malam)

 

Dilansir dari laman kemenag.go.id, Qiyamul lail adalah ibadah yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar. Secara harfiah, qiyamul lail diartikan sebagai "bangun di malam hari".

 

Dalam konteks ibadah, qiyamul lail berarti salat malam, seperti salat Tahajud, salat Tarawih dan salat Witir, dan salat sunah lainnya.

 

BACA JUGA:Catat! Ini Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya!

 

Biasanya, pelaksanaan qiyamul lail dimulai dari selesai salat Isya’ sampai fajar terbit. Namun, waktu yang paling utama untuk melaksanakan qiyamul lail adalah di sepertiga malam.

 

Seorang mukmin yang melaksanakan qiyamul lail akan memperoleh suatu fadilah dan keutamaan atas apa yang ia lakukan.

 

2. Membaca Al-Qur'an

 

Membaca Al-Qur'an juga menjadi amalan yang sangat dianjurkan pada malam Lailatul Qadar. Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Al-Qur'an dan merenungkan makna dari ayat-ayat Al-Qur'an di malam tersebut.

 

BACA JUGA:Ini Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadan yang Wajib Diketahui Muslim, Rugi Jika Tidak Dilakukan!

Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS Al-Qadr: 1-3)

 

 

3. Memperbanyak Zikir dan Do’a

 

Memperbanyak do’a dan memohon ampunan kepada Allah SWT, serta zikir, tasbih, dan tahmid juga merupakan amalan yang dianjurkan pada malam Lailatul Qadar.

 

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang mengucapkan subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, maka baginya ganjaran yang banyak di sisi Allah, sebanyak hambaNya yang telah ditemuiNya." (HR Muslim)

 

BACA JUGA:Anak-Anak Bermain di Masjid Selama Shalat, Tidak Perlu Dimarahi, Tetapi Lakukan Dua Hal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber