Catat! Ini Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya!

Catat! Ini Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya!

Catat! Ini Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya!-@jcomp-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ramadhan merupakan bulan yang amat mulia dan penuh dengan berkah, umat Muslim di seluruh penjuru dunia dengan gembira menyambutnya.

Di bulan ini, umat Islam diberikan kesempatan untuk mengumpulkan pahala yang berlipat ganda. Selain berlomba mencari pahala, umat Islam juga disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT agar segala kebutuhan dan keinginannya terkabul.

Dalam ajaran Islam, ada beberapa waktu yang dikenal sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Terutama di bulan suci Ramadhan ini, terdapat waktu-waktu khusus di mana doa seorang hamba yang memohon kepada Tuhannya akan dikabulkan.

Pada waktu-waktu tersebut, peluang doa seorang hamba untuk dikabulkan oleh Allah SWT sangat besar. Sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang menyatakan,

"Sesungguhnya, Allah membebaskan beberapa orang pada setiap hari dan malam (Ramadhan), setiap hamba di antara mereka ada doa yang dikabulkan" (HR. Ahmad).

 BACA JUGA:Mengenal 10 Mesin Vespa Bertenaga Tangguh untuk Penggemar Motor Scooter

Lantas, kapan saja waktu-waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan? Berikut beberapa waktu mustajab untuk berdoa yang telah dirangkum oleh paltv.disway.id dari berbagai sumber:

1.  Waktu Sahur

Waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan yang pertama adalah saat sahur. Umumnya, waktu sahur diisi dengan aktivitas makan dan minum sebagai persiapan untuk berpuasa esok hari. Ternyata, waktu sahur adalah waktu sepertiga malam yang dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa.

Rasulullah SAW bersabda,

"Rabb kita tabaraka wa taala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, 'Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni'" (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).


Catat! Ini Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya!-freepik-freepik

2.  Waktu Berbuka Puasa

Waktu berdoa yang mustajab di bulan Ramadhan selanjutnya adalah saat berbuka puasa. Allah SWT akan mengabulkan doa orang yang berbuka puasa sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Saw,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber