Pesona Pantai Parang Tritis yang Penuh Misteri

Pesona Pantai Parang Tritis yang Penuh Misteri

Keindahan Pantai Parangtritis yang penuh misteri--Pinterest.com/@WisataMilenial

YOGYAKARTA, PALTV.CO.ID - Pantai Parangtritis sampai sekarang masih dipercaya memiliki misteri. Beberapa larangan ketika berada di Pantai ini, dipatuhi orang dengan tujuan keselamatan. Misalnya, tidak mengenakan baju warna hijau, tidak menginjak bekas sesajen warga, tidak boleh berbuat asusila dan lainnya.

Parangtritis merupakan wisata pantai yang terletak di Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat kota sekitar 27 km. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata  di Yogyakarta yang sangat populer bagi kalangan penduduk Indonesia dan telah menjadi ikon wisata Yogyakarta.

Selain bisa dinikmati dari Pantaitritis, Anda juga dapat menikmati sunset dari tebing Bukit Paralayang Watupingit yang kebetulan tidak jauh dari pintu masuk pantai.

Parangtritis juga salah satu pantai yang memiliki pasir hitam yang ada di Jawa Selatan. Pasir ini merupakan pasir vulkanik dan tampak berkilauan apabila diterpa sinar matahari.  

BACA JUGA:Masjid Cheng Ho, Perpaduan budaya Tionghoa dan Islam

BACA JUGA:Mitos Larangan Menikah Suku Jawa dan Sunda

Tetapi, dibalik indahnya pesona Parangtritis. Pantai ini dipercayai oleh banyak orang menyimpan cerita misteri. Salah satunya mengenai legenda Nyi Roro Kidul yang terkenal di kalangan masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Cerita legenda ini dipenuhi oleh berbagai mitos. Memakai baju berwarna hijau merupakan larangan saat berkunjung ke Parangtritis. Diceritakan, kalau mengenakan baju hijau, biasanya akan terseret ke tengah laut. Nyi Roro Kidul akan datang kepada pengunjung yang membawa atau mengenakan warna-warna hijau. Sebab dianggap saingan dengan Kanjen Ratu. Cerita ini adalah kearifan lokal hingga saat ini. 

Nyi Roro Kidul sering disebut dalam cerita tentang berdirinya Kerajaan Islam Mataram. Dalam beberapa kisah, raja-raja kuno menyatakan bahwa jika mereka ingin mendapatkan posisi di kerajaan. Mereka wajib meminta izin dari Ratu Nyi Roro Kidul, yang dipercaya sebagai penguasa Laut Selatan.   

Namun, misteri ini tidak sepenuhnya dipercaya. Terutama dari orang luar negeri yang datang ke Parangtritis. Buktinya, banyak artis luar yang pernah mengunjungi pantai ini. Seperti pernah dilakukan oleh anggota boyband Seventeen yakni Wonwoo, S.Coups, dan Jeonghan. 

BACA JUGA:Bulu Mata Anda Botak? Lakukan Cara Berikut

BACA JUGA:Tradisi ‘Naikkan Mubungan’ yang Masih Lestari di Kabupaten Lahat

Ketiganya  berlibur ke Pantai Parangtritis untuk mengisi  variety show berjudul Battle Trip yang tayang di KBS World TV  tahun 2019. 

Bagi penduduk asli Jogja, Pantai Parangtritis memiliki pemandangan sunset yang indah dibandingkan dengan pantai lainnya.  Pada hari yang cerah, pengunjung dapat menikmati matahari terbenam berwarna jingga hingga merah muda dari sisi barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber