Wow!! Ilmuwan Ungkap Ini Hewan Lipan Raksasa Sebesar Mobil

Wow!! Ilmuwan Ungkap Ini Hewan Lipan Raksasa Sebesar Mobil

Ilmuwan Ungkap Serangga Terbesar di Dunia, Lipan Raksasa Sebesar Mobil yang Hidup di Bumi 340 Juta Tahun Lalu--Foto : the sun

PALTV.CO.IDMakhluk yang luar biasa ini memiliki panjang 8,6 kaki (2,6 meter). Para ilmuwan telah mengungkap lipan raksasa yang menakutkan, seukuran mobil, yang hidup di Bumi sekitar 340 juta tahun yang lalu.

Setelah berabad-abad menjadi misteri, wajah Arthropleura kini terungkap berkat dua fosil yang terawetkan dengan baik.

Arthropoda ini bersembunyi di hutan dekat khatulistiwa antara 346 juta hingga 290 juta tahun yang lalu, pada akhir era Paleozoikum.

Arthropleura bisa tumbuh hingga sepanjang 8,5 kaki (2,6 meter) dan beratnya lebih dari 45 kg. Lipan raksasa ini telah membuat para paleontolog bingung selama beberapa dekade.

BACA JUGA:Disbunak Banyuasin Vaksinasi Rabies Gratis Puluhan Hewan Peliharaan

BACA JUGA:Mobil Mirip Hewan: Modifikasi Kendaraan Otomotif yang Unik dan Langka

Tubuh makhluk ini memiliki karakteristik yang mirip dengan lipan, tetapi para ahli sebelumnya belum pernah melihat kepalanya. Namun, kini kepala makhluk ini telah ditemukan, dengan struktur bulat dihiasi dua antena pendek berbentuk lonceng.

Menurut penelitian terbaru, Arthropleura juga memiliki dua mata yang menonjol seperti kepiting dan mulut kecil yang digunakan untuk memakan daun dan kulit kayu.

Meskipun ukurannya sangat besar, kemungkinan besar makhluk ini hanya memakan tumbuhan di hutan tempatnya tinggal.

Seperti arthropoda lainnya, Arthropleura akan melepaskan eksoskeletonnya melalui bagian kepalanya, meninggalkan petunjuk tentang ukuran raksasanya, tetapi tidak memberikan informasi tentang struktur wajahnya.

Kini, dengan penemuan fosil yang lebih muda, para ahli dapat mempelajari kepala makhluk ini dan mengetahui lebih banyak tentangnya.

BACA JUGA:Mengapa Kucing Sphynx Jadi Tren di Kalangan Pecinta Hewan Peliharaan

BACA JUGA:Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies di Sumsel mencapai 1.756 kasus, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

Arthropleura adalah arthropoda, kelompok yang mencakup serangga, kepiting, dan laba-laba masa kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the sun.com