Ini Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadan yang Wajib Diketahui Muslim, Rugi Jika Tidak Dilakukan!

Ini Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadan yang Wajib Diketahui Muslim, Rugi Jika Tidak Dilakukan!

Ini Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan --Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bulan suci Ramadan menjadi waktu yang sangat istimewa bagi seluruh umat Muslim. Karena di bulan ini terdapat keberkahan yang melimpah serta setiap amal kebaikan yang dilakukan akan mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita umat Muslim untuk memperbanyak ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Quran.

Tadarus Al-Quran merupakan amalan yang biasanya dilakukan secara berkelompok dengan membaca atau menghafal Al-Quran sambil yang lain mendengarkan, kemudian dilakukan secara bergantian.

Bulan Ramadan juga disebut sebagai Syahrul Qur'an atau bulannya Al-Quran karena di bulan ini kitab suci umat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Allah SWT telah mengagungkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya, karena di bulan ini Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi umat manusia.Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Quran surah Al Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman,

 BACA JUGA:Anak-Anak Bermain di Masjid Selama Shalat, Tidak Perlu Dimarahi, Tetapi Lakukan Dua Hal Ini

Artinya: "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)..."

Mengutip keterangan dari buku karya Ahmad Rifa'i Rif'an “Menggapai Malam Lailatul Qadar”, membaca Al-Quran juga menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits. Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa yang memeriahkan bulan Ramadhan dengan qiyamu Ramadhan, dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu." (H.R. Bukhari).

 Al-Shan'ani dalam kitabnya Subulus Salam menjelaskan bahwa qiyamu Ramadhan dalam hadits tersebut mengacu pada mengisi dan memeriahkan malam Ramadhan dengan melakukan shalat dan membaca Al-Quran.

 BACA JUGA:Inilah Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Amal Pahalanya Sungguh Luar Biasa, Simak Penjelasanya !


Bulan Ramadan juga disebut sebagai Syahrul Qur'an --Foto : Freepik.com

Karena itu, pada bulan Ramadhan seringkali kita melihat orang-orang membaca Al-Quran di masjid hingga larut malam, karena tadarus Al-Quran di malam bulan Ramadhan adalah salah satu amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Ada beberapa keutamaan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan yang perlu diketahui. Berikut paltv.disway.id rangkum dari berbagai sumber.

Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber