Inilah Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Amal Pahalanya Sungguh Luar Biasa, Simak Penjelasanya !

Inilah Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Amal Pahalanya Sungguh Luar Biasa, Simak Penjelasanya !

Inilah Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, --Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Di bulan suci Ramadhan umat Islam tidak hanya berpuasa saja tetapi juga dianjurkan untuk melakukan berbagai amal kebaikan.

Karena pada bulan suci ini, setiap amal kebaikan akan dilipatgandakan nilainya. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan yaitu sedekah.

Sedekah di bulan Ramadhan merupakan amalan yang sangat baik dan memiliki banyak keutamaan. Sebenarnya, sedekah dianjurkan dilakukan kapan saja tanpa memandang waktu.

Namun, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam, lebih dianjurkan untuk bersedekah agar mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

BACA JUGA:Aturan Ketat Arab Saudi: Jemaah Dilarang Melakukan Umrah Kedua Kali Selama Ramadan 


bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam--Foto : Freepik.com/freepik

 

Dilansir dari laman baznas.go.id, Sedekah berasal dari bahasa Arab 'shadaqah', yang awalnya berasal dari kata 'sidq' (sidiq) yang berarti 'kebenaran'. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sedekah merupakan aktivitas pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah, sesuai dengan kemampuan orang yang memberi.

 Allah SWT mencintai hamba-Nya yang gemar melakukan sedekah dan dosanya akan diampuni. Hal ini seperti disebutkan dalam Al-Quran, Surat Al-Baqarah, ayat 271, di mana Allah SWT berfirman,

"Jika kamu menampakkan sedekahmu, itu baik. (Akan tetapi,) jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, itu lebih baik bagimu. Allah akan menghapus sebagian kesalahanmu. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah: 271).

Sedekah dianjurkan di setiap waktu selagi kita memiliki kelapangan baik harta, tenaga, maupun pikiran. Terlebih lagi pada bulan Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat ini, kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah kepada sesama manusia.

 BACA JUGA:Perbedaan Antara Tanah Haram dan Tanah Halal di Makkah dan Madinah, Batas Dajjal Di Kota Suci


keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa bersedekah saat bulan Ramadhan--Foto : Freepik.com/freepik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber