Ingin Hidup Berkah? Ini Amalan-Amalan yang Wajib Diterapkan Umat Muslim Dalam Kehidupannya

Ingin Hidup Berkah? Ini Amalan-Amalan yang Wajib Diterapkan Umat Muslim Dalam Kehidupannya

Ingin Hidup Berkah? Ini Amalan-Amalan yang Wajib Diterapkan Umat Muslim Dalam Kehidupannya--Foto : freepik.com/rawpixel-com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID -  Siapa yang tidak ingin hidup berkah. Setiap umat Muslim tentu mengharapkan berkah dari Allah SWT dalam hidupnya. Hidup yang dilimpahi keberkahan dari Allah SWT merupakan nikmat yang patut disyukuri umat Muslim.

Karena, mereka yang hidupnya tidak dalam keberkahan akan merasa resah dan gelisah. Lantas, bagaimana cara seseorang agar hidupnya senantiasa mendapat keberkahan dari Allah SWT? Mengenai hal tersebut, kita akan bahas pada artikel berikut ini.

Hidup berkah merupakan idaman bagi setiap Muslim. Dikutip baznasjabar.org, berkah berasal dari bahasa Arab yaitu barokah yang artinya nikmat. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berkah adalah karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Keberkahan hidup dimaknai sebagai sesuatu yang bernilai kebaikan. Untuk mendapatkan keberkahan, rahmat, dan petunjuk dari Allah SWT tentunya dapat dicapai ketika seseorang mengerjakan amal kebaikan dan tentunya beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Hidayah Allah SWT dan Memahami Makna Hidayah Bagi Seorang Muslim

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 96, yang artinya:

Jika sekiranya penduduk negeri-negeri itu beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (Q.S. Al-A’raf : 96)

Hidup berkah adalah kehidupan yang tenang, tentram, penuh dengan kenikmatan, dan kebahagiaan di bawah bimbingan, naungan, dan ridho Allah SWT. Hidup berkah merupakan dambaan setiap manusia.

Dengan kata lain, seseorang yang kehidupannya penuh kenikmatan dan kebahagiaan disertai ibadah kepada Allah SWT, berarti ia telah memperoleh hidup yang berkah. Untuk mencapai hal tersebut, tentunya seorang Muslim harus mengerjakan amalan-amalan yang sesuai syariat.

BACA JUGA:Inilah Ciri-ciri Istri Pembawa Rezeki bagi Suami, Istri Harus Tahu!

Berikut ini amalan-amalan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya hidup senantiasa diberkahi Allah SWT, yang telah dirangkum paltv.disway.id dari berbagai sumber.

1.  Sedekah

Salah satu kunci hidup berkah adalah sedekah. Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat mulia, baik di mata sesama manusia maupun di mata Allah SWT. Sedekah adalah memberikan atau mengeluarkan materi, jasa, kebaikan, dan lain sebagainya.

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Bersedekah dapat mendatangkan rezeki yang berlipat ganda. Seperti dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber