Memahami Keutamaan di Balik Ibadah Qurban di Hari Raya Idul Adha, Salah Satu Amalan yang Dicintai Allah SWT

Memahami Keutamaan di Balik Ibadah Qurban di Hari Raya Idul Adha, Salah Satu Amalan yang Dicintai Allah SWT

Memahami Keutamaan di Balik Ibadah Qurban di Hari Raya Idul Adha, Salah Satu Amalan yang Dicintai Allah SWT--Foto : Freepik.com/jcomp

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hari raya Idul Adha, atau sering disebut juga hari raya kurban, sudah semakin dekat. Banyak umat Muslim yang sudah mempersiapkan hewan untuk berqurban.

Ibadah qurban tidak hanya sekedar momen untuk berbagi, tetapi juga sebagai bentuk ikhtiar dan beribadah kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, ibadah qurban juga memiliki berbagai keutamaannya.

Menyembelih hewan untuk ibadah Qurban adalah sunnah Rasul yang sarat dengan hikmah dan keutamaan. Ibadah qurban mempunyai nilai yang sangat penting dan dianggap sebagai salah satu amal yang dianjurkan dalam agama islam.

Qurban bukan sekadar bentuk pengorbanan hewan semata, tetapi juga sebagai bentuk ketaatan seorang hambah kepada tuhanya.

BACA JUGA:Memahami Hari Tasyrik: Amalan Apa Saja Yang Dianjurkan Serta Larangannya


kata qurban atau udhhiyah ialah menyembelih hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT --Foto : Freepik.com/freepik

 

Dilansir dari laman NU Online, ibadah kurban merupakan ibadah yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha, yaitu pada hari tasyrik 10-13 Dzulhijjah. Kata kurban sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu qariba - yaqrabu - qurban wa qurbanan wa qirbanan, yang artinya dekat atau mendekatkan diri kepada Allah, dengan melaksanakan perintah-Nya.

Dalam istilah agama juga disebut “udhhiyah” bentuk jamak dari kata “dhahiyyah” yang berasal dari kata “dhaha” (waktu dhuha), yaitu bermakna penyembelihan di waktu dhuha pada tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 bulan Dzulhijjah. Dari sini muncul istilah Idul Adha.

Dari uraian tersebut, dapat dipahami yang dimaksud dari kata qurban atau udhhiyah ialah menyembelih hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT pada Hari Raya Haji atau Idul Adha dan pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah yaitu hari-hari Tasyrik.

BACA JUGA:Ini Beberapa Puasa Sunnah di Bulan Juni 2024 yang Sayang Jika Terlewatkan, Salah Satunya Puasa Arafah

Ibadah kurban hukumnya ialah sunah muakkad, atau sunah yang dikuatkan. Sebagaimana Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan ibadah qurban sejak disyariatkannya qurban hingga beliau wafat.

Ibadah qurban juga dapat meningkatkan ketakwaan, menambah amal kebaikan, syiar agama, tanda bersyukur, hingga upaya mengagungkan hari tasyrik.

Begitu banyak keutamaan ibadah qurban bagi seorang Muslim yang menunaikannya. Mulai dari bentuk ketaatan dalam beribadah, menumbuhkan kepedulian antar sesama, dan yang paling utama mendapatkan cinta dari Allah SWT.

Tidak hanya itu, dirangkum paltv.disway.id dari berbagai sumber, berikut beberapa keutamaan ibadah qurban bagi seorang Muslim:

BACA JUGA:Soal Nafkah, Mana yang Lebih Diutamakan: Istri atau Ibu? Ini Penjelasannya Menurut Pandangan Islam


beberapa keutamaan ibadah qurban bagi seorang Muslim--Foto : Freepik.com

 

Meningkatkan Ketakwaan

Keutamaan ibadah qurban yang pertama adalah untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Keutamaan berkurban Idul Adha ini seperti yang tercantum dalam firman Allah SWT dalam QS. Al Maidah. Ayat 27, yang artinya:

“Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertaqwa.”

Melalui ayat tersebut, dapat dipahami bahwa keutamaan berkurban Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang diterima Allah dari orang-orang yang bertaqwa kepada-Nya.

 

|Amalan yang Dicintai Allah SWT

Keutamaan ibadah qurban lainnya adalah sebagai amalan yang dicintai Allah SWT. Setiap Muslim yang berqurban akan menerima pahala yang berlipat-lipat atas qurbannya. Sebagaimana hadis riwayat HR Ahmad dan Ibnu Majah dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Pada setiap helai bulunya itu kita mendapat satu kebaikan.”

Tidak hanya itu, hewan-hewan yang telah disembelih saat kurban menjadi saksi di hari perhitungan amal bagi setiap hamba Allah yang melaksanakannya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

"Tidak ada suatu amalan yang dilakukan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan(qurban). Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

BACA JUGA:Sebentar Lagi Hari Raya Idul Adha, Berikut Tips Memilih Hewan Kurban Terbaik Sesuai Syariat Islam,

 

Dihapusnya Dosa-dosa

Ibadah kurban juga dapat menghapus segala perbuatan buruk dan dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW bahwa setiap tetes darah dari hewan Qurban merupakan penghapus dosa-dosa orang yang berkurban.

“Wahai Fatimah, berdirilah disisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu.” (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

Demikianlah beberapa keutamaan dibalik ibadah qurban pada hari raya Idul Adha. Sebagai umat Muslim, semoga kita bisa lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber