Dinas Pendidikan OKU Minta Sekolah Selenggarakan Pesantren Kilat Selama Ramadan

Dinas Pendidikan OKU Minta Sekolah Selenggarakan Pesantren Kilat Selama Ramadan

Kepala Dinas Pendidikan OKU Topan Indra Fauzi minta sekolah gelar Pesantren Kilat selama Ramadan, Rabu (20/3/2024).-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Pihak sekolah dianjurkan untuk menggelar pelajaran tambahan keagamaan di tengah suasana bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Para pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) itu, diberikan kesempatan untuk mengikuti pelajaran tambahan mengenai keagamaan (Pesantren Kilat).

Keputusan itu diambil oleh Dinas Pendidikan Kabupaten OKU dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap nilai-nilai keagamaan Islam selama bulan suci Ramadan bagi pelajar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Topan Indra Fauzi menekankan pentingnya pengalaman keagamaan dalam pembentukan karakter pelajar.

BACA JUGA:Pemkab Muba Gelontorkan 25 Miliar Rupiah untuk THR ASN Musi Banyuasin

"Kita telah membuat Surat Edaran untuk siswa jenjang SD dan SMP yang di bawah naungan kita, untuk melaksanakan kegiatan tambahan selama bulan Ramadan. Kegiatan tambahan tersebut yakni berupa Pesantren Kilat yang diisi dengan pendidikan agama Islam," ujar Topan Indra Fauzi.

Menurut Topan, hal tersebut merupakan upaya Dinas Pendidkan OKU untuk memberikan ruang bagi pelajar untuk lebih mendalami nilai-nilai keagamaan, yang merupakan bagian penting dari pembentukan kepribadian para pelajar.

Dalam pelajaran tambahan keagamaan, biasanya para pelajar diajak untuk memperdalam pemahaman terhadap ajaran agama Islam, seperti mempelajari Al-Qur’an, hadis serta nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.

"Tujuan kita untuk membentuk karakter siswa untuk lebih religius dan memiliki akhlak yang baik terutama di saat bulan suci Ramadan," tambahnya.

BACA JUGA:5 Petugas PPK Sungai Rotan yang Dilaporkan Melanggar Sampaikan Klarifikasi ke Bawaslu Muara Enim

Selain itu, para pelajar juga biasanya diberikan wawasan mengenai praktik ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan, seperti puasa, salat Tarawih, dan amal ibadah lainnya. Pelaksanaan Pesantren Kilat tersebut digelar sebelum masa libur lebaran Idulfitri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: