Pentingnya Menciptakan Perpustakaan Digital Bagi Kampus, Mengembangkan Digital Library.

Pentingnya Menciptakan Perpustakaan Digital Bagi Kampus, Mengembangkan Digital Library.

Pentingnya Menciptakan Perpustakaan Digital Bagi Kampus, Mengembangkan Digital Library --Foto : Freepik.com/freepik

Kemudahan ini semakin digencarkan oleh banyak kalangan, termasuk pihak akademisi, bahkan tidak hanya kampus saja, sekolah-sekolah setingkat SD, SMP, SMA pun mulai suka dengan adanya digital library, toko buku sekelas Gramedia pun kini sudah membuatkan perpustakaan digital untuk memasarkan bukunya.

 

4. Memudahkan Memasukkan Tugas Kampus Seperti Jurnal Bagi Para Mahasiswanya

Manfaat digital library untuk kampus berikutnya, sangat memudahkan mahasiswanya dalam mengakses ataupun memasukkan tugas kuliah. Jurnal dan artikel merupakan karya terakhir yang dimasukkan ke perpustakaan digital.

 

5. Gunakan layanan perpustakaan online mudah diakses.

Jika Anda merasa manfaat perpustakaan digital atau perpustakaan online sangat bermanfaat, Anda dapat mengunjungi sudek.com dan menggunakan layanan perpustakaan online yang disediakan.

BACA JUGA:Mata Uang Digital Untuk Transaksi? Itulah 6 Jenis Cryptocurrency yang Populer dan Banyak Digunakan!

 

Pengertian Digital Library

Definisi Digital Library menurut “Dlib Working Group on Digital Library Metrics (WG) di Stanford University, 7-8 Januari 1998, yakni:

“The Digital Library is the collection of services and the collection of information objects that support users in dealing with information objects and the organization and presentation of those objects available directly or indirectly via electronic/digital means.”

Melalui definisi tersebut, kita memahami bahwa ‘digital library’  bukanlah kumpulan bahan perpustakaan dalam satu tempat penyimpanan, melainkan beragam layanan untuk semua pengguna: manusia dan mesin, pencipta, administrator, dan pengguna informasi.

BACA JUGA:Aplikasi E-Wallet Untuk Melakukan Transaksi? Inilah 6 Manfaat Penggunaan E-Wallet atau Dompet Digital!

Perpustakaan digital juga menyediakan kebutuhan dan persyaratan bagi pengguna untuk mengelola, mengakses, menyimpan, dan memanipulasi berbagai jenis informasi yang disimpan dalam kumpulan sumber daya perpustakaan yang mereka wakili dalam kepemilikan perpustakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber