Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini yang Membedakan Muslim dengan Umat Terdahulu

Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini yang Membedakan Muslim dengan Umat Terdahulu

Anjuran Melaksanakan Makan Sahur --Foto : Freepik.com/freepik

Waktu sahur merupakan kesempatan bagi seseorang yang sedang menunaikan ibadah puasa untuk mengisi tubuh dengan energi.

Sehingga tubuh bisa tetap bekerja, karena sel-sel di dalam tubuh membutuhkan energi yang salah satunya sumbernya berasal dari glukosa darah.

BACA JUGA:Tetap Produktif Saat Berpuasa? Berikut Ini Referensi Kegiatan Produktif Saat Bulan Suci Ramadhan

Jika tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh dalam jangka waktu terlalu lama pada saat berpuasa, maka kandungan gula darah akan digunakan sel-sel tubuh sebagai pengganti dari sumber energi. 

Keadaan tersebut bisa menimbulkan hipoglikemia (kadar gula darah rendah). Gejala hipoglikemia bisa berupa badan yang terasa lemas, gemetar, pusing, sulit untuk berkonsentrasi dan munculnya keringat dingin. Jika keadaan sudah semakin parah, maka orang tersebut bisa pingsan. 

Orang yang berpuasa penting sekali untuk makan di waktu sahur, salah satunya yaitu agar bisa terhindar dari gejala hipoglikemia tersebut. sehingga kadar gula darah di dalam tubuh bisa tetap terjaga. Pilihlah menu makan yang kaya akan sumber energi seperti karbohidrat, protein dan lemak. 

Keutamaan sahur tidak hanya mendapatkan berkah untuk kebaikan akhirat, namun juga bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar, sehingga bisa menjalankan puasa seharian penuh dengan lancar.

BACA JUGA:Sudah Murah, Pj Bupati OKU Juga Beri Subsidi Paket Sembako untuk Bantu Masyarakat Jelang Ramadan

Maka dari itu sahur menjadi hal penting yang sebaiknya tidak dilewatkan ketika berpuasa dengan harapan mendapat keberkahan dan keutamaan didalamnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber