Tetap Produktif Saat Berpuasa? Berikut Ini Referensi Kegiatan Produktif Saat Bulan Suci Ramadhan

Tetap Produktif Saat Berpuasa? Berikut Ini Referensi Kegiatan Produktif Saat Bulan Suci Ramadhan

Mau Tahu Resep Takjil Ramadhan Bikin Segar? Berikut Resep Kolak Pisang Ubi dan Kolak Biji Salak--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Ramadhan adalah bulan suci yang dinantikan umat muslim diseluruh dunia, uniknya pada bulan suci ini ada ciri khas tersendiri dari masyarakat dalam menjalaninya. Kebiasaan yang dilakukan pada bulan ramadhan ini terus menerus dilakukan masyarakt di suatu wilayah tertentu, sehingga lama-kelamaan menjadi tradisi atau cirri khas daerah tersebut. 

Biasanya pada bulan ramadhan umat muslim berlomba-lomba mengisi aktifitas yang produktif dan berlomba-lomba mengerjakan amalan-amalan dan ibadah di bulan suci ini. Karena pada bulan suci ini, semua perbuatan baik maupun buruk kita dilipatgandakan untuk dicatat di pertimbangan nantinya. 

Mengutip dari berbagai sumber, Puasa adalah ibadah wajib bagi umat muslim yang dilakukan pada saat bulan suci ramadhan,  ibadah ini dilakukan dari terbitnya fajar hingga terbenam.

Diawali dengan kegiatan sahur (Makan di pagi hari) dan ditutup dengan berbuka (Makan di saat magrib). Nah, apakah kalian bingung dalam mengisi waktu luang sebelum menunggu Adzan Magrib tiba, tepatnya sebelum waktu berbuka puasa? Mari kita simak ulasan dibawah ini, agar ramadhan kalian semakin produktif!.

Berikut ini beberapa kegiatan produktif yang umumnya dilakukan saat menjelang buka puasa :

BACA JUGA:Mau Tahu Resep Takjil Ramadhan Bikin Segar? Berikut Resep Kolak Pisang Ubi dan Kolak Biji Salak

BACA JUGA:Inilah Beberapa Rekomendasi Menu Makan Sahur Ala Anak Kosan

1. Tartil atau Tilawah Al-Qur’an 

Karena bulan ramadhan amalan kita akan dilipat gandakan, maka sebaiknya kalian manfaatkan membaca kitab suci Al-Qur’an, karena selain pahala yang didapatkan berlimpah, selebihnya kalian dapat memahami pengertian dan hokum-hukum yang terkandung didalam kitab suci Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat muslim. Sebagaimana dijelaskan pada hadist berikut yang isinya : 

“ Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, La,am satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Maka hendaklah kita manfaatkan peluang mulia yang diberikan Allah SWT. ini dengan membaca Al-Qur’an dan terus beramal saleh. 

2. Bersedekah 

Keutamaan bersedekah dibulan suci ramadhan ini ialah pahalanya dilipat gandakan menjadi 10 kali lipat bahkan lebih. Janganlah kalian merasa rugi dalam membantu sesame umat yang kuran beruntung, karena bersedekah bukanlah membuat mu miskin melainkan semakin kaya. Berikut keutamaan bersedekah :

- Menghapus dosa kecil dan besara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber