Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini yang Membedakan Muslim dengan Umat Terdahulu

Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini yang Membedakan Muslim dengan Umat Terdahulu

Anjuran Melaksanakan Makan Sahur --Foto : Freepik.com/freepik

3. Mencegah terjadinya dehidrasi

Keutamaan sahur bagi kesehatan berikutnya yaitu bisa mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.

BACA JUGA:Tips Menghindari Asam Lambung Kambuh Saat Puasa

Pada saat berpuasa, cairan tubuh penting sekali untuk selalu dijaga. Tubuh membutuhkan air sekitar dua liter untuk setiap harinya. 

Namun karena sedang berpuasa, kesempatan untuk minum menjadi terbatas, yaitu hanya diperbolehkan makan dan minum mulai dari adzan maghrib dan malam hari hingga adzan subuh berkumandang. 

Dengan adanya sahur, maka bisa menjadi salah satu waktu yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Inilah yang membuat sahur menjadi hal penting yang harus dilakukan sebelum melaksanakan ibadah puasa. 

Apabila melewatkan waktu untuk makan sahur, maka kebutuhan cairan tubuh lebih sulit untuk terpenuhi dengan baik. Sehingga tubuh bisa mengalami risiko dehidrasi pada saat berpuasa. 

BACA JUGA:5 Jus Sayuran yang Direkomendasikan dan Menyehatkan Saat Berbuka Puasa

Tanda dari tubuh yang mengalami dehidrasi yaitu timbul rasa haus yang berlebihan, konsentrasi menjadi menurun, badan terasa lemas, serta jumlah urine menjadi berkurang dan warnanya lebih pekat. 

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk minum air putih pada saat sahur paling tidak dua gelas agar terhindar dari dehidrasi. 

4. Mencegah naiknya produksi asam lambung

Kondisi lambung yang kosong dalam rentang waktu lama bisa berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh. Perut kosong dalam jangka yang lama bisa berdampak terhadap meningkatnya produksi asam lambung dan bisa menimbulkan gejala maag.

BACA JUGA:Mojito Halal Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Kondisi tersebut tentunya bisa mengganggu kelancaran ibadah puasa yang sedang dijalankan. Dengan makan sahur maka lambung bisa terisi dan bisa mencegah adanya produksi asam lambung yang berlebih pada saat berpuasa. 

5.   Mencegah terjadinya hipoglikemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber