Sering Ngantuk Saat Berkendara? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Sering Ngantuk Saat Berkendara? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

cara menghilangkan ngantuk saat berkendara--Foto : Freepik.com/freepik

Jika mata dan tubuh sudah benar-benar lelah, Anda butuh dorongan kafein untuk membantu menjaga kesadaran selama berkendara. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Untuk merasakan manfaat kafein dari kopi ini, Anda sekiranya membutuhkan waktu setengah jam setelah meminumnya.

 

Menepi dan tidur sejenak

Bagi Anda yang mengendarai mobil, cara terbaik untuk menghilangkan ngantuk saat menyetir adalah dengan tidur sejenak di kursi pengemudi yang nyaman. Saat rasa kantuk tiba, segera menepi dan tidurlah selama kira-kira 15–20 menit. Tidur singkat yang juga dikenal dengan power nap ini bisa memulihkan lagi energi Anda.

BACA JUGA:Mengapa Kita Merasa Ngantuk Setelah Makan? Ternyata ini Alasanya


Menghilangkan ngantuk saat menyetir --Foto : Freepik.com/freepik

 

Melakukan peregangan ringan

Sementara bagi pengendara motor, rasa kantuk dapat dirasakan saat melaju di jalanan yang cukup lengang. Cuaca panas dan tak bersahabat juga bisa bikin Anda mengantuk. Untuk menghindari risiko kecelakaan, lebih baik segera menepi dan turunlah dari motor Anda. Lakukan peregangan otot dan berjalan-jalanlah kira-kira selama 10 menit. Bergerak secara aktif dapat membantu pikiran Anda tetap terjaga.

 

Jangan minum obat atau alkohol

Mengonsumsi obat-obatan dan minuman beralkohol dapat memengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan Anda selama mengemudikan kendaraan. Hindari juga minum obat antimabuk, obat masuk angin, atau obat lain dengan efek samping mengantuk sebelum atau saat berkendara.

BACA JUGA:Apakah Anda Sering Mengantuk? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Beristirahat setiap dua jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com