Sering Ngantuk Saat Berkendara? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Sering Ngantuk Saat Berkendara? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

cara menghilangkan ngantuk saat berkendara--Foto : Freepik.com/freepik

Serangan kantuk saat perjalanan panjang adalah hal yang sangat wajar. Untuk menghilangkan ngantuk saat berkendara, sebaiknya Anda beristirahat setiap dua jam. Jikalau Anda memaksakan mengemudi terus tanpa henti, tubuh dan mata justru menjadi cepat lelah yang malah mengundang kecelakaan.

 

Tanda-tanda harus segera berhenti menyetir kendaraan

Rasa kantuk bisa muncul tiba-tiba saat Anda mengemudi. Hal ini terkadang membuat Anda sulit untuk menyadarinya hingga Anda kehilangan kesadaran selama beberapa detik. Untuk menghindari kecelakaan, perhatikan berbagai tanda Anda sudah tak bisa melanjutkan berkendara lagi berikut ini.

BACA JUGA:Mengantuk Terus Menerus? Waspada, Kenali Ciri-ciri dan Kemungkinan Penyakit yang Mendasarinya

  • Kelopak mata terasa sangat berat sehingga Anda sering mengedipkan mata secara perlahan-lahan.
  • Kesulitan berkonsentrasi selama mengemudikan kendaraan.
  • Melamun, pikiran melayang ke mana-mana, atau pikiran linglung.
  • Kebablasan, salah jalan, lupa sedang berada di mana, dan tidak memerhatikan rambu-rambu jalan.
  • Terlalu sering menguap atau menggosok-gosok mata.
  • Kepala terkantuk-kantuk.
  • Kendaraan Anda menyimpang dari jalur, menyerempet bahu jalan atau kendaraan lain, kecepatan lebih cepat atau lambat, serta kehilangan keseimbangan bila mengendarai sepeda motor.

BACA JUGA:Fakta atau Mitos: Apakah Benar Sayur Kangkung Bisa Bikin Mengantuk?

 

Tips menghindari bahaya ngantuk saat berkendara

Sebaiknya Anda hindari berkendara setelah pukul 12 siang atau antara pukul 12 malam hingga 6 pagi hari. Hal ini karena berkendara di malam hari rawan mengalami kecelakaan. Kedua waktu ini berkaitan dengan penurunan energi yang dikendalikan ritme sirkadian, yakni sistem yang mengatur waktu tidur, makan, dan proses tubuh lainnya.

Anda bisa mencoba sejumlah cara menghilangkan ngantuk saat berkendara, tetapi bila benar-benar mengantuk lebih baik untuk tidur. Jika sedang mengendarai mobil, segera temukan area parkir yang tenang dan tidur sejenak di dalam kendaraan Anda.

Sementara bagi pengendara sepeda motor, Anda bisa tidur di lokasi yang cukup aman, misalnya pom bensin, musala, atau masjid terdekat. Namun bila Anda sering mengantuk saat mengemudi, memilih moda transportasi umum bisa menjadi pilihan tepat untuk menghindari kecelakaan saat berkendara.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com