Sering Ngantuk Saat Berkendara? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Sering Ngantuk Saat Berkendara? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

cara menghilangkan ngantuk saat berkendara--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Berkendara saat mengantuk sama bahayanya seperti ketika Anda berada di bawah pengaruh obat-obatan atau minuman beralkohol.

Maka dari itu, Anda perlu tahu cara menghilangkan ngantuk saat berkendara berikut ini.

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara

Dalam kasus-kasus yang cukup ekstrem, rasa kantuk saat berkendara mobil atau motor dapat menyebabkan kecelakaan yang berujung cedera bahkan kematian.

BACA JUGA:Tidur Siang atau Power Nap Lebih Lama Bikin Lebih Ngantuk? Ini Penjelasannya

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), sekitar 91 ribu kecelakaan terjadi akibat mengemudi saat mengantuk sepanjang tahun 2017 di Amerika Serikat, yang menyebabkan sekitar 50 ribu orang terluka dan hampir 800 kematian.

Dengan melihat tingginya kasus kecelakaan lalu lintas ini, Anda perlu berhati-hati saat merasa kelelahan atau mengantuk selama menyetir kendaraan. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang cukup ampuh dan dapat Anda praktikkan.

 

Tidur sebelum berkendara

Memastikan mendapatkan jam tidur yang cukup sebelum perjalanan dapat membantu Anda terhindar dari ngantuk saat berkendara.

Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan mental yang mirip dengan mabuk. Jika Anda tidak sempat beristirahat, tidur siang singkat selama 15–30 menit dapat Anda lakukan agar tetap merasa segar dan waspada.

BACA JUGA:Mengantuk Saat Berkendara? Inilah 8 Hal yang Dapat Dilakukan Dalam Mengatasi Rasa Kantuk di Perjalanan!

 

Minum kopi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com