16 Jenis Mobil yang Mewah dan Unik, Mulai dari SUV Hingga Truk Pikap

16 Jenis Mobil yang Mewah dan Unik, Mulai dari SUV Hingga Truk Pikap

16 Jenis Mobil yang Mewah dan Unik, Mulai dari SUV Hingga Truk Pikap--foto: instagram@toyota_heritage

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ada banyak jenis kendaraan. Ini termasuk mobil, truk pikap, kendaraan serba guna (MPV), kendaraan utilitas sport (SUV), dan bahkan wagon. Setiap jenis mobil memiliki ciri dan ciri khasnya masing-masing, berikut kelebihan dan kekurangan 16 jenis mobil di Indonesia saja.

1. Sports Utility Vehicle (SUV)

Sport yang ada pada mobil ini bukanlah mobil dengan fitur balap. Namun hal ini menjadi pertanda bahwa mobil ini lebih awet dibandingkan mobil jenis lainnya.

Secara umum, mobil berjenis SUV memiliki jangkauan yang kurang lebih karena penggunaan teknologi ground clearance, mesin besar dan bertenaga, serta penggerak 4×4. Saat ini SUV tidak hanya merupakan SUV berukuran penuh atau full-size saja, namun juga memiliki kategori tersendiri seperti SUV mid-size, SUV kecil, SUV kompak, dan crossover. Contoh SUV antara lain Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner dan Honda C-RV, Ford Everest, Isuzu MUX.

2. Multi Purpose Vehicle (MPV)

Kendaraan jenis ini memiliki keunggulan karena sangat nyaman dan nyaman di dalam. Rata-rata, sebuah minivan mampu mengangkut 6 hingga 7 penumpang. Contoh MPV adalah Toyota Innova atau Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dll. Karena minivan merupakan jenis mobil yang paling banyak terjual di Indonesia.

BACA JUGA:Honda Mobilio Bekas 2019, Harga Bekas Mulai Rp 130 Jutaan!

3. Sedan

Sedan memiliki fitur unik berupa ruang mesin, kompartemen penumpang, dan bagasi terpisah. Berbeda dengan SUV dan MVP dengan gabungan kabin dan boks. Mobil jenis ini sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dan kecepatan.

Namun ruang interior mobil tidak seluas SUV atau minivan. Kendaraan hanya mampu menampung 5 orang, termasuk pengemudi. Oleh karena itu, mobil ini cocok untuk keluarga kecil. Ya, mobil baru lebih mahal dari minivan. Contoh sedan antara lain Toyota Altis, Honda Accord dan BMW 320i.

4. Wagon

Mobil bertipe wagon atau estate adalah kendaraan bermotor dengan bodi belakang yang panjang. Berbeda dengan mobil, gerbong tidak memiliki lokasi tertentu. Di Indonesia sangat sulit menemukan kuda karena jumlah penunggangnya yang sedikit. Beberapa gerbong termasuk VOLVO V70 T5 Station Wagon dan Mazda Vantrend.

5. Hatchback

Meskipun merupakan jenis mobil yang mirip dengan segmen sedan, hatchback tidak memiliki pintu belakang atau bagasi, sehingga gabungan kursi penumpang memiliki ruang yang lebih sedikit. Orang Indonesia sering menyebut hatchback sebagai “sedan tanpa buntut”. Contoh mobil hatchback adalah Toyota Yaris, Honda Jazz, Ford Fiesta, dan Mazda 2. Kedengarannya cukup cerdas bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber