Bukan Hanya Aksesori, Ini Peran Penting High Mount Stop Lamp (HMSL) Untuk Kendaraan

Bukan Hanya Aksesori, Ini Peran Penting High Mount Stop Lamp (HMSL) Untuk Kendaraan

Bukan Hanya Aksesori, Ini Peran Penting High Mount Stop Lamp (HMSL) Untuk Kendaraan --www.suzuki.co.id

BACA JUGA:Syekh Umar bin Hussein Al-Khatib dari Yaman Hadiri Haul dan Ziarah Kubro Ulama dan Aulia Palembang Darussalam

Selain fungsinya yang penting untuk keselamatan, lampu stop tambahan ini juga berperan sebagai aksesoris mobil yang mempercantik tampilan.

Keberadaannya yang unik di bagian atas belakang mobil, warnanya yang merah, dan penggunaan lampu LED yang terang membuatnya menjadi salah satu ciri khas mobil yang cukup diminati.

Di beberapa negara, seperti Indonesia, penggunaan warna merah untuk lampu rem tambahan ini juga diwajibkan untuk menjamin aspek keselamatan.

Meskipun belum diwajibkan secara resmi di Indonesia, sebagian besar produsen mobil telah menyematkan fitur ini pada mobil-mobil terbaru mereka.

BACA JUGA:Jalan Manggus Sering Banjir, Warga Usulkan Ini ke Pemkab Banyuasin

3. Membantu Saat Lalu Lintas Padat

Secara tidak langsung, High Mount Stop Lamp (HMSL) dapat berfungsi sebagai alat komunikasi antara kendaraan. Hal ini terutama berguna saat kondisi lalu lintas sedang padat.

Ketika lampu ini menyala, kendaraan di belakangnya dapat melihat isyarat tersebut dan mengetahui bahwa mobil di depannya sedang melakukan pengereman.

Dengan demikian, kendaraan di belakang dapat merespons dengan mengurangi kecepatan atau menjaga jarak dengan lebih baik, sehingga dapat membantu mengurangi kepadatan lalu lintas.

BACA JUGA:Antisipasi Praktik Penimbunan, Satgas Pangan Polda Sumsel Lakukan Monitoring Rutin

4. Menghindari Pengereman Mendadak dari Belakang

Kehadiran lampu stop tambahan ini juga membantu pengendara di belakangnya untuk menghindari pengereman mendadak.

Ketika lampu ini menyala, hal ini menjadi isyarat bagi pengendara di belakang untuk lebih waspada dan siap melakukan pengereman jika diperlukan.

Dengan demikian, dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan tabrakan belakang karena pengendara di belakangnya sudah lebih siap untuk mengantisipasi situasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber