Bisa Diamalkan! Berikut Cara Menangkal Gangguan Sihir atau Santet Menurut Ajaran Islam

Bisa Diamalkan! Berikut Cara Menangkal Gangguan Sihir atau Santet Menurut Ajaran Islam

Sihir atau Santet Menurut Ajaran Islam--Ilustrasi Gambar : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Gangguan sihir atau yang dikenal dengan istilah santet dalam Islam bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

Praktik sihir sering dilakukan untuk mencelakai orang lain dengan menggunakan bantuan jin dan setan. Biasanya pelaku ilmu sihir kerap disapa dengan istilah dukun atau orang pintar.

Sihir atau santet memang tidak bisa dilihat langsung oleh mata manusia tetapi sihir merupakan sesuatu yang nyata dan juga berbahaya.

Praktik sihir atau santet ini sudah ada ribuan tahun lalu pada zaman nabi. Bahkan, Nabi Muhammad SAW pernah menjadi sasaran sihir dari seorang Yahudi Bernama Labid bin A'sam.

BACA JUGA:Shalat: Lebih dari Sekadar Ibadah, Gerakan Shalat Penjaga Kesehatan Tubuh 


Tindakan sihir atau santet dengan mendatangi orang pintar atau dukun dengan tujuan meminta bantuan tertentu --Ilustrasi Gambar : Freepik.com/freepik

Tindakan sihir atau santet dengan mendatangi orang pintar atau dukun dengan tujuan meminta bantuan tertentu merupakan perbuatan kufur terhadap Allah SWT. Dari sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Barangsiapa mendatangi dukun, lalu membenarkan apa yang dikatakannya maka ia telah berlepas diri dari apa yang diturunkan oleh Muhammad." (HR Ahmad)

Dilansir dari buku Do'a & Wirid: Mengobati Guna-Guna dan Sihir menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas, disebutkan ada sejumlah cara menangkal sihir, gangguan setan, dan hal-hal mistis lainnya yang bisa dilakukan seorang muslim sesuai ajaran Islam, salah satunya dengan membaca Doa terhindar dari sihir sebagai berikut:

 “Laa ilaha illallah wahdahu la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumit, wa huwa 'ala syai'in qadir”

 Artinya: "Tidak ada Tuhan Selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik Allah segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu."

BACA JUGA:Ini Cara Membayar Utang Puasa Bertahun-tahun


Doa penangkal sihir atau santet ini bisa diamalkan kapan pun terutama pada saat selesai shalat--Foto : Freepik.com/freepik

Doa penangkal sihir atau santet ini bisa diamalkan kapan pun terutama pada saat selesai shalat wajib dan shalat sunah, dan sebelum tidur serta setelah bangun tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber