Shalat: Lebih dari Sekadar Ibadah, Gerakan Shalat Penjaga Kesehatan Tubuh

Shalat: Lebih dari Sekadar Ibadah, Gerakan Shalat Penjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat gerakan-gerakan dalam shalat bagi kesehatan--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Shalat, ibadah yang menjadi pilar utama dalam agama Islam, ternyata memiliki dampak luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Sudut pandang medis modern mengungkapkan bahwa gerakan-gerakan dalam shalat tidak hanya sekadar ritual spiritual, tetapi juga merupakan bentuk olahraga yang menyeluruh bagi anatomi manusia.

Dengan demikian, shalat bukan hanya membawa manfaat di akhirat, tetapi juga menjadi gudang obat yang efektif untuk berbagai penyakit.

Allah sebagai Maha Pencipta, dalam kebijaksanaan-Nya, telah memberikan petunjuk yang sangat berharga bagi kesejahteraan manusia, termasuk dalam bentuk perintah-perintah-Nya seperti shalat.

BACA JUGA:Bisa Diamalkan! Berikut Beberapa Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Bisa dilakukan oleh Seorang Muslim

Para ilmuwan dunia barat juga semakin mengakui nilai dan manfaat dari ibadah ini, seperti halnya dengan puasa yang telah diakui manfaatnya untuk kesehatan oleh banyak praktisi medis.

Mari kita tinjau beberapa gerakan dalam shalat dan manfaat medisnya:

Takbiratul Ihram

Gerakan awal shalat yang melibatkan angkat tangan sejajar telinga dan dilipat di depan perut atau dada, bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening, serta memperkuat otot lengan. Gerakan ini juga membantu mencegah gangguan persendian, khususnya pada bagian atas tubuh.

BACA JUGA:Ini Cara Membayar Utang Puasa Bertahun-tahun

 

Ruku’

Posisi ruku’ yang sempurna menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang, melancarkan aliran darah di bagian tengah tubuh, dan merelaksasikan otot-otot bahu. Selain itu, rukuk juga bermanfaat sebagai latihan bagi kesehatan prostat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber