Mengenal Kembang Api Jepang Hanabi Matsuri

Mengenal Kembang Api Jepang Hanabi Matsuri

Mengenal Kembang Api Jepang Hanabi Matsuri --Foto : unsplash.com/Hkyu Wu

3. Tenjin Hanabi Festival

Festival ini adalah salah satu yang tertua di Jepang. Setiap tanggal 25 Juli, masyarakat Jepang berkumpul di kota Osaka untuk menyaksikan ribuan kembang api. Kehidupan malam di Osaka sangat meriah dan orang-orang di jalanan bermain dan menari dengan boneka tradisional.

BACA JUGA:Pesta Bunga Sakura: Ekspresi Kebahagiaan dalam Festival Hanami Jepang

Akhir acara akan diadakan di dekat kuil dari jam 7 sampai jam 9 malam. Tak jauh dari pura terdapat sebuah sungai, sehingga saat acara inti dimulai, dibawalah perahu-perahu yang dihias seperti ini. Perahu hias ini dimaksudkan untuk menarik perhatian dan menambah suasana menawan.

 

4. Omagari Fireworks Festival

Festival ini telah diadakan di Kota Daisen, Prefektur Akita sejak tahun 1910. Diselenggarakan pada hari Sabtu keempat  bulan Agustus. Ini bukan sekadar pertunjukan kembang api, melainkan  kompetisi yang melibatkan para ahli kembang api dari seluruh Jepang.

Pemenangnya akan menerima penghargaan dari Perdana Menteri Jepang.Setiap tahunnya, acara tersebut mampu menarik ribuan pengunjung. Acaranya gratis, namun jika ingin menikmati kembang api, Anda perlu memesan tiket kursi berbayar. Kembang api  tidak hanya dilakukan pada malam hari, namun juga dinyalakan pada siang hari.

BACA JUGA: Wisata Asik dan Memukau di Enoshima Jepang

 

5. Tsuchiura All Japan Fireworks Competition

Festival kembang api asal Jepang ini  sudah berlangsung sejak tahun 1925. Bahkan, dulunya festival ini diadakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada para petani dan pekerja. Sekarang ini telah menjadi acara yang sangat dinantikan oleh para profesional pemadam kebakaran.

Kompetisi diadakan di tepi Sungai Sakuragawa. Di tengah perlombaan, Anda dapat menyaksikan pertunjukan kembang api "Tsuchiura Hanabi-zukushi" yang tersebar sejauh 500m.

Jika Anda datang ke Festival Hanabi, Anda tidak akan kecewa. Segala sesuatu di dalamnya menciptakan pengalaman unik bagi setiap orang yang datang ke sana. Kembang api di langit berbeda-beda dan berwarna-warni, jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen indahnya di malam tahun baru yang membawa kesan tak terlupakan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber