Mencetak Bentuk 3D atau Tiga Dimensi Dengan Menggunakan 4 Jenis Teknologi 3D Printing!

Mencetak Bentuk 3D atau Tiga Dimensi Dengan Menggunakan 4 Jenis Teknologi 3D Printing!

Mencetak Bentuk 3D atau Tiga Dimensi Dengan Menggunakan 4 Jenis Teknologi 3D Printing!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- 3D Printing merupakan salah satu teknologi yang mampu menghasilkan benda dengan bentuk tiga dimensi dari sebuah desain digital menjadi bentuk 3D yang bukan hanya dapat dilihat namun juga bisa dipegang.

3D Printing saat mungkin masih belum begitu dikenal oleh masyarakat, meskipun teknologi ini telah hadir dan diciptakan pertama kali pada tahun 1980-an.

Teknologi 3D Printing ini baru mulai dilirik oleh dunia dan dimanfaatkan pada berbagai sektor sejak tahun 2010 ke atas.

Lalu, terdapat 3D Printer yang merupakan teknologi berupa mesin pencetak desain digital untuk dapat menjadi objek padat tiga dimensi dengan menambahkan material khusus yang disusun secara bersamaan.

Cara kerja dari 3D Printer ini menggunakan Additive Manufacturing, cara kerjanya yaitu dengan melakukan proses cetak layer by layer atau per lapis hingga akhirnya membentuk objek sesuai desain digital yang diinginkan.

3D Printing mempunyai fungsi untuk dapat membuat berbagai benda baik itu mainan anak-anak atau suku cadang kendaraan.

3D Printing ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat prototipe dengan tujuan pengujian. Selain itu, teknologi ini juga dapat memungkinkan bisnis untuk bisa mendapatkan sumber prototipe produksi secara rutin.

BACA JUGA:Keunggulan Smartphone Oppo Reno 11 5G Dengan Tampilan Visual Imersif 3D Curved Screen!

Saat ini masih sedikit orang atau bahkan perusahaan yang mengaplikasikan 3D Printing di Indonesia. Hal tersebut bisa jadi karena harga dari 3D Printer dan suku cadangnya yang masih terbilang sangat tinggi.

Namun, jika dilihat secara global maka sebenarnya terdapat berbagai sektor yang telah mengaplikasikan penggunaan 3D Printer ini.

Berbagai sektor yang telah mengaplikasikan teknologi 3D Printing ini seperti: arsitektur, otomotif, militer, industri, kesehatan, kesenian, dan pendidikan.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pada berbagai sektor yang menjadi semakin beragam membuat jenis 3D Printing juga ikut berkembang.

Berikut ini beberapa jenis 3D Printing yang umum dan tersedia saat ini untuk dapat menghasilkan benda tiga dimensi dari desain digital yang dicetak.

Stereolithography (SLA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber