Bukan Hanya Melindungi Pengendara Dari Cipratan Air! Berikut 4 Fungsi Komponen Spakbor Pada Sepeda Motor

Bukan Hanya Melindungi Pengendara Dari Cipratan Air! Berikut 4 Fungsi Komponen Spakbor Pada Sepeda Motor

Bukan Hanya Melindungi Pengendara Dari Cipratan Air! Berikut 4 Fungsi Komponen Spakbor Pada Sepeda Motor--Foto : Freepik.com/@karlyukav

Pada saat sepeda motor akan melewati sebuah genangan air di jalanan, maka hal yang akan dilakukan oleh spakbor ini yaitu menghalangi cipratan air tersebut baik yang berasal dari roda belakang maupun dari roda depan.

BACA JUGA:Sejumlah Aspek Khusus Independent Suspension yang Harus Kalian Tahu!

Jika komponen spakbor ini tidak ada pada kondisi tersebut, tentunya akan membuat sepeda motor menjadi kotor dipenuhi dengan berbagai cipratan bekas air hujan tersebut.

Cipratan air tersebut juga dapat mengenai pengguna jalan lainnya yang berada di dekat pengendara. Untuk dapat menjaga fungsi dari komponen spakbor ini, pengendara tidak boleh memotong ukuran spakbor karena dapat menghilangkan fungsi sebagai penghalang cipratan air.

Komponen spakbor ini juga mempunyai bentuk yang bervariasi, dimana terdapat yang berbentuk seperti kuping gajah, belalai, dan berbentuk kecil.

BACA JUGA:Spakbor Sepeda Motor! Jangan Dianggap Remeh, Ini Fungsi dan Cara Perawatannya


Komponen spakbor pada sepeda motor mempunyai fungsi untuk dapat melindungi penggunanya dari cipratan air--Foto : Freepik.com/@jannoon028

 

Membuat Tampilan Sepeda Motor Menjadi Lebih Menarik

Komponen spakbor ini juga mempunyai fungsi untuk dapat membuat pengendara semakin percaya diri pada saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

Desain spakbor yang sangat menarik, sporty, dan elegan tentunya akan menambah nilai estetika pada sebuah sepeda motor.

Namun, hal ini sebaiknya jangan menjadi alasan bagi para pengendara untuk memasang atau bahkan memotong spakbor sesuai dengan keinginannya.

BACA JUGA:Pemerintah Perpanjang Insentif Pajak untuk Pembelian Mobil Listrik Hingga 2024

Pengendara sebaiknya membiarkan spakbor seperti saat membeli sepeda motor pertama kali. Hal tersebut dikarenakan pihak produsen tentunya telah memikirkan secara matang mengenai pemasangan komponen spakbor yang tepat dan dapat berfungsi dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber