Jangan Anggap Remeh! 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Karburator Banjir Pada Mesin Motor

Jangan Anggap Remeh! 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Karburator Banjir Pada Mesin Motor

Jangan Anggap Remeh! 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Karburator Banjir Pada Mesin Motor--Foto: instagram-rizkiyaumilfitra


Jangan Anggap Remeh! 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Karburator Banjir Pada Mesin Motor--foto: instagram-denshinofficial

Kerusakan pada jarum pelampung ini merupakan hal yang terbilang wajar karena bahannya yang terbuat dari karet dan mungkin sudah aus.

Selain mengalami aus, jarum pelampung ini juga dapat dipenuhi oleh kerak dan kotoran akibat pengendara yang tidak menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan atau RON yang tinggi.

Kerak yang menempel pada jarum pelampung ini tentunya dapat membuat penutupan saluran bahan bakar menjadi tidak sempurna.

Pelampung Karburator Mengalami Kebocoran

Pelampung karburator didesain agar dapat mengontrol permukaan bahan bakar yang terdapat pada ruang pelampung. Komponen ini bukan hanya perlu disetel secara tepat namun juga perlu dilakukan pengecekan terhadap fungsinya.

Kerusakan yang cukup sering terjadi pada pelampung karburator yaitu mengalami kebocoran. Pada saat terjadi kebocoran maka pelampung karburator tidak lagi dapat mengambang dan mengatur tinggi rendahnya permukaan bahan bakar yang ada di dalam ruang pelampung.

BACA JUGA:Perjalanan yang Tak Pernah Terwujud, Dune Versi Jodorowsky dan Antusiasme Menghadapi Adaptasi Villeneuve

Hal ini akan berdampak terhadap jarum pelampung atau needle valve yang seharusnya menutup lubang bahan bakar menjadi tidak bekerja. Bahan bakar yang terdapat pada ruang pelampung akan terus menerus mengalir dan dapat menimbulkan karburator banjir.

Seal Mangkok Karburator yang Mengeras

Penyebab karburator banjir juga dapat terjadi karena seal pada mangkuk karburator yang telah mengeras akibat penggunaan.  Karet seal ini mempunyai fungsi untuk dapat menutup bak karburator sehingga akan membuat bahan bakar menjadi tidak keluar.

Seal ini berada di tengah dan saat sudah tidak bisa menutup karburator dengan baik, maka akan muncul rembesan bahan bakar.

Terjadi Kerusakan Pada Selang Pembuangan

Setiap karburator tentunya akan terhubung dengan selang pembuangan yang perlu dilakukan pemasangan dengan kencang. Pada saat bahan bakar yang masuk ke mangkuk karburator jumlahnya berlebihan maka akan dibuang melalui selang pembuangan ini.

Jika selang ini mengalami kerusakan tentunya akan membuat karburator menjadi banjir, mesin motor menjadi brebet, dan bisa mengalami mogok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber